Tips merawat kenari saat mengerami telur

Para pecinta burung kicauan pastinya sudah mengerti tentang burung kicauan yang satu ini. Bahkan sampai sekarang ini burung kenari menjadi salah satu burung yang sering dicari oleh kicau mania, sehingga di pasaran di jual dengan harga yang tinggi.

Oleh sebab itu, membudidayakan burung kenari merupakan solusi bagi orang-orang yang hendak berbisnis. Khususnya bisnis jual beli burung.
Tips merawat burung kenari saat mengerami telur

ternak kenari untuk pemula

  1. Pakan biji-bijian,air minum selalu tersedia, tambahkan jika kurang.
  2. Kebersihan kandang selalu terjaga, sebaiknya saat pembersihan kandang dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi goncangan yang keras, sehingga telur kenari tetap aman.
  3. Berikan sawi dan buah apel, pemberiannya selang seling, ini penting sekali. Terkadang ada kenari betina yang mati kurus karena dia saat mengeram hanya diberi makan biji-bijian.
  4. Tambahkan telur puyuh rebus, pemberian bisa 2 kali seminggu.
  5. Kenari jangan tidak dijemur lagi.

Proses Kenari Menetas Dan Panen

Pada hari ke 14 telur-telur kenari sudah mulai menetas. saat anda mulai melihat anakan kenari yang baru menetas mungkin anda akan berkata ;wow ..mahluk kecil yang lucu baru muncul ke permukaan bumi, sambil lalu mengelus dada seraya berkata oh my god maha besar Allah yang telah menjadikan ini semua. Ini pengalaman berharga dan menyenankan bukan!.

Bagi sobat Kenari Mania yang baru saja belajar ternak kenari berikut tips pemberian pakan induk kenari yang sedang meloloh anakan yang baru menetas hingga anakan siap panen:
  1. Saat anakan baru menetas pastikan air dan biji-bijian selalu ada, tambahkan telur puyuh rebus sampai anakan kenari berumur 1 minggu.
  2. Sebelum anakan kenari berumur 1 minggu sebaiknya tidak diberikan sayuran dan buah dulu, namun cukup biji-bijian dan telur rebus. Ini berguna untuk meminimalisir kematian dini pada anakan kenari atau piyik kenari. Karena pada fase ini anakan kenari sistem pencernaannya belum kuat.
  3. Jika usia anakan kenari sudah lewat satu minggu, anda bisa tambahkan buah apel dan sayuran seperti sawi ijo dan sawi putih.
  4. Untuk hasil yang terbaik berikan telur rebus, sayuran dan apel hingga anakan kenari siap dipanen.
  5. Tambahkan pula multivitamin, di pasaran sudah banyak beredar seperti multivitamin produk OmKicau, Bnr dan Ebod dsb.

Anakan kenari siap dipanen idealnya jika sudah berumur 25 hari. Pada tahap ini anakan kenari sudah bisa makan sendiri, namun biasaya masih makan telur rebus. Jika sudah berumur 1 bulan anakan kenari sudah bisa makan biji-bijian.
bibit burung kenari

Setelah anda panen anakan kenari, anakan kenari dipisah dari induknya, nah langkah selanjutnya adalah anda pisahkan indukan kenari tersebut. Ambillah Kenari jantan dan kembalikan ke sangkar semula (sangkar gantung). Lalu anda mandikan kedua induk kenari tersebut dan penting diberikan obat kutu, supaya kutu yang menempel pada bulu kenari bisa mati dan bersih. Kemudian dijemur sebaiknya ini dilakukan di pagi hari. Sangkar juga perlu dicuci bersih dengan sabun atau antiseptik lalu sangkar dijemur hingga kering.

Setelah induk kenari dimandikan sebaiknya induk kenari terus dijemur dalam sangkar terpisah (jam 07.00.- 09.30) selama kurang lebih satu minggu. Lalu induk kenari siap dikawinkan kembali. Nah kali ini untuk mengawinkan kenari tersebut akan lebih mudah karena sebelumnya kedua kenari sudah berjodoh bahkan sudah menghasilkan keturunan. Jadi cara mengawinkannya tinggal memasukan kenari jantan ke sangkar kenari batina, tak lama kenari betina akan menundukan badannya lalu terjadilah perkawinan. Tak sampai satu bulan anda akan melihat keturunan mereka yang kedua dan seterusnya.
Cukup sekian dulu sobat pembahasan kali ini tentang  cara ternak kenari bagi pemula paling lengkap. Tak terasa artikel ini sudah sangat panjang, mudah-mudahan tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua, calon peternak dan peternak pemula. Salam Kenari Mania.

sumber.kenarimania.com

Artikel Terkait