Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

Kerajinan dari kaleng Bekas - Ide kreatif bisa datang dari mana saja, salah satunya dari sebuah kaleng soda bekas. Seorang ibu rumah tangga berhasil memanfaatkan kaleng soda atau minuman menjadi kerajinan yang bernilai ratusan ribu rupiah.

keraajinan dari kaleng bekas

Peluang usaha dari Kaleng Bekas

Salah satu bisnis dari bahan bekas atau kaleng bekas ini dijalankan oleh Rosihariyati warga Pulo Gadung. Menurutnya, dua tahun lalu dia banyak melihat kaleng bekas minuman soda hanya menjadi sampah yang tidak termanfaatkan.

"Banyak kita lihat kaleng-kaleng bekas minuman soda itu tidak termanfaatkan, terbuang menjadi sampah bahkan sampah yang sulit terurai," kata Rosi, dikutip dari detikfinance.com.

Rosi pun memiliki ide bagaimana kaleng-kaleng bekas tersebut bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang lebih bernilai.

"Saya coba gunting kalengnya, membuatnya berbentuk lembaran-lembaran, kemudian tidak sengaja menggambar di atas lembaran almunium tadi, ternyata di balik lebaran tersebut muncul motif gambar timbul yang lebih bagus. Dari situ saya mulai fokus mengolah gambar dari ikon Jakarta monas, mobil, gambar-gambar lainnya," ujarnya.

Hasil gambar dari lembaran kaleng bekas tersebut kemudian dia bingkai dan menjadi lebih menarik.

"Cara buatnya tinggal menekan lembaran kaleng dengan sumpit kayu yang dilancipkan, membentuk suatu gambar, dibingkai, dijual dari Rp 500.000 sampai Rp 2,5 juta tergantung ukuran," ucapnya.
Rosi mengakui kerajinan kaleng ini baru dipasarkannya dari pameran ke pameran, dan belum memiliki toko khusus untuk memasarkan kerajinan dari kaleng bekas tersebut.

"Masih rumit pengerjaannya, semua hand made, bahkan kalau ada orang yang ingin memesan secara khusus desain yang diinginkan datang saja ke rumah," katanya.
Rosi mengakui sampai hari ini kerajinan dari kaleng bekas ini belum dipatenkannya. "Iya ini belum sempat dipatenkan," ungkapnya. (artikel terkait kerajinan dari botol plastik air mineral bekas)

Contoh menyulap Kaleng bekas menjadi Barang Berguna :

1. Vas Bunga
Sesuai selera, kaleng bekas dapat sobat cat warna warni, atau bisa juga ditempeli luarnya dengan wallpaper seperti contoh foto di bawah, hasilnya … kaleng bekas berhasil disulap menjadi tampak elegant menawan.
Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

2. Lampu Tidur
Design unik oleh mariposa evenue – menyulap kaleng bekas menjadi lampu tidur, dengan cara kaleng dipotong separuh, beri lubang-lubang pada dindingnya untuk jalan keluarnya sinar lampu, beri pengait untuk di pasang di tembok area stop kontak.
Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi
3. Tempat Alat Tulis
Gantung beberapa kaleng bekas di tembok atau letakkan berjajar di meja untuk tempat pensil, pulpen, penggaris, sampai dengan krayon untuk anak-anak menggambar dan mewarnai.

Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

4.  Kado
Jangan mau kalah dengan si pengundang kaleng, para sobat bintangTop.com juga dapat membalas undangan kaleng dengan kado kaleng.
Caranya … alih-alih membungkus cara biasa dengan kotak kardus, gunakan saja kertas kado untuk membungkus kaleng bekas dan penutupnya bisa dari kain atau kertas kado juga dikat dengan pita.
Eits … jangan lupa masukkan hadiahnya ya …
Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

5. Celengan
Untuk kaleng bekas yang memiliki penutup bulat, semisal bekas kaleng cat atau biskuit, sobat dapat melubangi bagian atas untuk jalannya masuk uang kertas dan coin.
Sebaiknya cat atau di gambar kalengnya agar lebih menarik bagi si penabung misalnya untuk melatih anak-anak suka menabung.
Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi

6. Wadah Aksesoris
Dari aneka ukuran kaleng bekas makanan atau jajan yang sobat miliki, dapat di gunakan bersamaan untuk wadah bersusun aksesoris, alat tulis, dan barang perhiasan lainnya secara bersamaan. Taruh dikamar bakalan Keren gan !
Menyulap Kaleng Bekas Jadi Kerajinan Bernilai Tinggi
Ide kreatif bisa datang dan dikerjakan oleh siapa saja, tidak terbatas pada Kaleng Bekas karena masih ada banyak lagi disekeliling kita barang bekas yang mungkin untuk sebagian orang tidak bermanfaat, tapi untuk Anda apapun bisa dijadikan Uang seperti Botol bekas air mineral inipun bisa dijadikan Bisnis yang sangat menguntungkan. Selamat berkreasi 

Artikel Terkait