Cara menjodohkan burung kenari agar cepat bertelur

TIPS MENJODOHKAN KENARI:
  1. Dekatkanlah kedua sangkar tersebut, kenari betina yang ada pada sangkar box dan kenari jantan yang ada pada sangkar gantung. Idealnya proses penjodohan ini 3 hari.
  2. Selama proses penjodohan sebaiknya kenari jantan dan betina dijemur dalam sangkar terpisah (07.00 - 09.30) sebaiknya kedua kenari dijemur berdekatan.
  3. Kenari diberikan makanan bergizi seperti telor puyuh, sayuran, apel dan multivitamin. Pemberian sebaiknya selang seling agar kenari tidak bosan.
  4. Pastikan kenari tidak gemuk, Bila kenari gemuk akan menghambat proses penjodohan. Cara mengetahui kenari yg gemuk bisa dilihat dibagian leher dan perut, bila kegemukan akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Jika kegemukan sebaiknya pakannya ditakar, tambahkan mentimun dan kenari dijemur setiap hari.
burung kenari agar cepat bertelur
CIRI-CIRI KENARI BERJODOH:
  1. Kenari jantan akan meloloh kenari betina walau dari luar sangkar.
  2. Pejantan akan berbunyi keras merayu kenari betina, lalu kenari betina mengeleperkan sayapnya, ada kalanya kenari betina akan menungging itu pertanda minta kawin.
  3. Kedua kenari akur dan tidak berantem.
Menyatukan Kenari Jantan dan Betina / Proses Kawin
Bila kenari sudah terlihat berjodoh seerti ciri-ciri diatas, selanjutnya ialah menyatukan kenari jantan dan kenari betina dalam satu sangkar. Karena sebelumnya sudah dilakukan proses penjodohan, sehingga saat disatukan bisa mengurangi resiko kanari berantem yang hebat. Adapun cara menyatukan kenari jantan dan betina adalah tangkap kenari jantan yang ada pada sangkar gantung lalu masukan ke sangkar box (kenari betina), jangan terbalik ya.

Menyatukan Kenari jantan dan betina sebaikya dilakukan sore hari, setelah disatukan lalu anda perhatikan perilaku kedua kenari tersebut. Jika kenari sudah berjodoh maka kenari jantan dan kenari betina akan saling meloloh yang biasanya terlihat seperti sedang berciuman. Jika kedua kenari memang sedang birahi maka pejantan dan betina akan segera melakukan perkawinan. Namun jika diawal tidak terjadi perkawinan jangan khawatir karena umumnya begitu apalagi jika kenari betina masih perawan. he he he.

Bila kedua Kenari tidak segera kawin sebaiknya biarkan dalam satu sangkar hingga malam hari, biasanya di pagi hari setelah mereka terbangun dari tidurnya mereka akan melakukan perkawinan. Sekira jam 07.00 pagi baru kenari jantan ditangkap dan ditempatkan pada sangkar gantung kembali. Pada sore hari kenari jantan dimasukan kembali ke dalam sangkar betina, begitu seterusnya. Proses ini bisa berlangsung beberapa hari hingga kenari betina bertelur.

Cara ini sangat ampuh khususnya untuk kenari betina yang belum pernah bertelur. Untuk kenari betina yang sudah pernah berproduksi beda lagi cara mengawinkannya yaitu kenari jantan hanya disatukan paling lama 1 jam. Jangan lupa setelah menyatukan kedua kenari tersebut untuk menyiapkan sarang lengkap dengan serat nanas. 

Ciri Kenari betina akan bertelur bisa dilihat pada sarang nya, biasanya kenari betina yang siap bertelur sarang akan dibuat rapih berbentuk bundar, tak lama jika sarang sudah demikian sekira 1 mingguan kenari mulai bertelur. Jumlah telur kenari rata 3 atau 4 butir, telur akan dierami selama 14 hari dan telur akan menetas berselang 1 hari. Kenari yang sudah bertelur tidak dianjurkan dijemur karena akan merusak telur kenari sehingga gagal menetas. 

Proses Pengeraman 


Beternak Burung Kenari
Sekarang anggap saja Kenari betina sudah bertelur. Lalu sobat kenari mania ada yang bertanya, lantas, kenari jantan nya diapain ? nah kenari jantan sebaiknya dibiarkan bersama kenari betina karena kenari pejantan akan senantiasa meloloh kenari betina sehingga si betina jarang keluar sarang dan ini baik untuk proses pengeraman yang maksimal.

Jika anda miliki beberapa kenari betina untuk dijodohkan sebaiknya kenari jantan dipisah. Alangkah baiknya pisahkan kenari jantan jika kenari betina sudah bertelur dua butir, ini bertujuan supaya kenari betina tidak ngambek. Walaupun Kenari jantan sudah dipisahkan, kenari betina akan senantiasa mengerami telur-telur nya hingga menetas. Selanjutnya Tips merawat kenari pada saat mengerami telurnya

Artikel Terkait