Peluang usaha Budidaya Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi - Koi (鯉, English /ˈkɔɪ/, bahasa Jepang: [koꜜi]) atau secara spesifiknya koi berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper. Lebih spesifik lagi merujuk pada nishikigoi (錦鯉, English /ˈ[unsupported input]/), yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Peluang usaha Budidaya Ikan Koi


mencari indukan koi terbaik dan mahal
Di Jepang, koi menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan. Ini karena koi merupakan homofon untuk kata lain yang juga bermakna kasih sayang atau cinta. Ikan Koi adalah sejenis ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) yang mempunyai ornamen yang sangat indah dan jinak. 

Koi biasanya dipelihara sebagai hiasan dengan tujuan keindahkan dan keberuntungan di dalam rumah dan luar rumah (kolam koi atau taman air, karena ikan koi dipercaya membawa keberuntungan. Karena ikan koi sangat dekat berkerabat dengan ikan mas, dan oleh karena itu di Indonesia banyak orang menyebutnya ikan mas koi. 

Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya. Beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem. 
Jenis koi paling dikenal adalah jenis ''Gosanke'', yang terdiri dari 

  1. Kohaku, 
  2. Taisho Sanshoku, dan 
  3. Showa Sanshoku.


Cara Memilih indukan untuk budidaya ikan koi 



Memilih indukan memegang peranan penting dalam budidaya ikan koi. Indukan yang bagus secara genetis akan menghasilkan keturunan yang bagus, begitu kira-kira hukum umumnya. Indukan berkualitas biasanya dimiliki oleh penangkar atau para pehobi.

Bila kesulitan menemukan indukan yang baik, bisa dengan jalam meminjamnya dari para pehobi. Selain keturunan atau sifat genetis, calon indukan ikan koi harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Umur ikan sudah cukup matang, lebih dari 2 tahun 
  2. Memiliki jenis yang sama atau mendekati, misalnya kohaku dengan kohaku 
  3. Bentuk tubuh ideal, dari atas tampak seperti torpedo 
  4. Gaya berengang tenang dan seimbang 
  5. Warna cemerlang dan kontras Sehat, 
  6. gerakannya gesit tidak banyak diam di dasar kolam. 
  7. Indukan jantan dan betina telah matang gonad


Demikian sekilas Peluang usaha Budidaya ikan koi. Baca juga Peluang usaha Ternak Ikan Lele

Artikel Terkait