5 Cara Mendinginkan Battery HP Agar tidak cepat Panas

Memiliki HP Android membuat kita semakin betah untuk berlama-lama menggunakan ponsel tersebut, mulai dari chatting bersama teman hingga eksis di media sosial. Namun, pernahkah Anda sadari bahwa smartphone Android yang digunakan dengan intensitas yang tinggi bisa menjadi panas?

cara agar battery hp tidak cepat rusak

Suhu panas yang muncul ketika kita sering menggunakan smartphone terletak pada CPU-nya. Beberapa aktivitas yang disinyalir dapat membuat ponsel menjadi panas adalah

  1. Bermain game, 
  2. Browsing, hingga 
  3. Menggunakan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan.
Jika suhu panas pada ponsel dibiarkan begitu saja, lama kelamaan ponsel akan menjadi rusak. Kerusakan tersebut bisa terjadi pada baterai yang mudah habis karena sering terpapar suhu panas, layar kurang responsif, hingga mesin yang mati karena overheat.

Lantas, apa solusi untuk mengatasi smartphone agar tidak panas saat digunakan untuk aktivitas multitasking yang berat tersebut? Solusinya cukup mudah karena Anda dapat menginstall aplikasi pendingin Android di smartphone Anda. Nah, berikut daftar aplikasi terbaik untuk mendinginkan smartphone Android Anda tersebut.


5 Aplikasi Mendinginkan Battery HP Agar tidak cepat Panas


1. Clean Master


trik batery hp biar gak panas

Salah satu aplikasi pendingin Android yang paling populer adalah Clean Master. Aplikasi ini memiliki fitur CPU Cooler, di mana ia akan menghentikan aplikasi yang dapat membuat perangkat jadi lebih cepat panas secara otomatis.

Di samping itu, Clean Master juga dilengkapi dengan fitur bermanfaat lainnya, seperti Memory Boost, yakni fitur yang dapat membebaskan RAM sehingga perangkat jadi lebih dingin dan hemat baterai. Tak cukup sampai di situ, Clean Master juga menawarkan fitur Battery Saver, Anda bisa menghemat baterai perangkat secara efisien hanya dengan satu kali tap saja.

2. DU Battery Saver

bagaimana cara agar baterai hp awet

Berikutnya, ada DU Battery Saver yang menawarkan fitur Phone Cooler. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan memantau secara sistematis, mengelola, dan menonaktifkan aplikasi yang menggunakan CPU secara intensif. Pemakaian CPU secara berkala dapat membuat perangkat jadi lebih mudah panas, maka dari itu DU Battery Saver hadir dengan menonaktifkan aplikasi yang terlalu banyak menggunakan CPU.

Perangkat Anda tidak menyediakan fitur fast charging? Tak masalah, karena dengan DU Battery Saver ini, Anda bisa mengisi daya baterai secara lebih cepat. Pasalnya, aplikasi yang satu ini berperan sebagai booster yang mempercepat proses pengisian baterai hingga 20%.



3. GO Speed

tips biar baterai hp tidak panas

Satu lagi aplikasi pendingin Android yang layak untuk dipertimbangkan, yakni GO Speed. Aplikasi yang bisa didownload secara gratis di Google Play Store ini memiliki fitur Memory Boost untuk membebaskan memori telepon sehingga perangkat menjadi lebih dingin. Tak hanya itu saja, GO Speed juga akan meningkatkan kecepatan perangkat Anda hingga 60%.

Fitur Junk Cleaner yang terdapat dalam aplikasi ini juga bermanfaat untuk menghapus cache dari semua aplikasi di perangkat Anda. Pasalnya, cache dan junk juga berkontribusi dalam memperlambat performa smartphone Anda. Tingkatkan kecepatan perangkat Android Anda dengan menginstall GO Speed, aplikasi hebat yang satu ini juga akan membuat suhu perangkat Anda jadi lebih sejuk.

4. Phone Cooler – Next Gen

bagaimana cara agar baterai hp tidak cepat rusak

Aplikasi satu ini dibesut oleh developer Next Gen di mana Phone Cooler bisa mendinginkan ponsel Anda yang terlalu panas. Bahkan, aplikasi ini mengklaim bahwa Phone Cooler mampu mengatasi suhu ponsel terlalu panas dan mendinginkannya hingga 7°C.

Selain itu juga, aplikasi ini akan menganalisis asal muasal dan penyebab HP Anda bisa menjadi panas. Nah, untuk cara menggunakan Phone Cooler sangat mudah, Anda hanya perlu klik satu kali pada bagian cooling dan biarkan aplikasinya bekerja. Sangat mudah, kan?

5. Cooling Master

tip baterei hp android biar awet

Satu lagi aplikasi profesional yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi dan menutup sumber daya yang membuat ponsel Anda menjadi overheating. Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, Cooling Master bertindak untuk mengurangi penggunaan CPU dan mendinginkan ponsel Anda. Melakukan kegiatan multitasking di ponsel kini tak lagi jadi masalah semenjak ada Cooling Master.

Cooling Master memiliki algoritma pendinginan yang cerdas dan sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan baterai meskipun digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat, aktivitas multimedia, dan gaming. Fitur yang dimiliki Cooling Master hampir sama dengan yang ada pada Cooler Master.

Kebanyakan ponsel akan menjadi panas saat sedang dicharge atau digunakan untuk menonton video. Nah, atasi masalah tersebut dengan Cooling Master. Yuk, cari dan unduh aplikasi gratis ini di Google Play Store.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya. Bukan hanya 5 aplikasi di atas yang bagus untuk mendinginkan HP yang overheating, pasalnya ada aplikasi lainnya yang juga tak kalah bagus untuk mendinginkan ponsel. Nah, Anda bisa langsung simak rekomendasi aplikasi  Mendinginkan Battery HP ke 

Halaman selanjutnya >>>>Cooler Master – Clean Booster


Artikel Terkait