6 Peluang Bisnis Pesta pernikahan

Bisnis Pesta pernikahan. Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.
cara buka usaha pesta perkwinan

Menyelenggarakan pesta pernikahan memang gampang – gampang susah, terutama dalam mengatur aliran dana yang akan dikeluarkan untuk pesta pernikahan, namun sebetulnya ada kebutuhan yang paling mendasar dimana hal tersebut menjadi bagian paling penting dalam menyelenggarakan pesta pernikahan.

Peluang Bisnis Pesta pernikahan  :

  1. Makanan dan minuman, ini faktor utama Bisnis pesta pernikahan yang akan menyedot biaya pesta pernikahan paling besar ada sekitar 30 – 40% biaya pesta pernikahan Anda akan tersedot kemari, yang termasuk didalam faktor ini selain makanan dan minuman, ada biaya sewa tempat resepsi pernikahan, bila pesta yang Anda selenggarakan di resto atau yang menyediakan jasa katering, biasanya harga sewa gedung pernikahan sudah termasuk didalamnya.
  2. Dekorasi dan hiburan, Bisnis pesta pernikahan didalamnya termasuk dekorasi panggung, kue pengantin, bunga, tenda, AC tambahan, lighting, sound system, dan hiburan yang akan Anda tampilkan dalam acara resepsi pernikahan, setidaknya 25 – 30% biaya pernikahan akan Anda alokasikan untuk kebutuhan ini
  3. Bridal dan Tailor, Bisnis pesta pernikhan yang berisikan mengenai jas pengantin pria dan gaun pengantin wanita, termasuk didalamnya , tata rias wajah pengantin, tata rias orang tua, tata rambut untuk pengantin, ada sekitar 10 % biaya akan Anda keluarkan untuk porsi ini.
  4. Fotografi dan videografi, tentunya faktor Bisnis pesta pernikahan ini tidak akan Anda terlewatkan, karena 2 keahlian ini yang akan mengabadikan pesta pernikahan Anda dalam bentuk album foto dan rekaman video, kurang lebih 10% Anda perlukan untuk kebutuhan fotografer dan videografer pernikahan.
  5. Kartu dan Souvenir, Bisnis pesta pernikahan ini faktor yang berhubungan dengan urusan alat tulis dan cetak mencetak, seperti kartu undangan pernikahan, souvenir pernikahan, ucapan terima kasih, setidaknya Anda akan mengalokasikan dana sekitar 5% untuk kebutuhan kartu undangan pernikahan dan souvenir pernikahan.
  6. Administrasi, faktor ini sering kali terlewatkan bahkan lupa disadari bahwa biaya ini juga ada, misalnya biaya pajak, perijinan, keamanan, transportasi, makanan kecil, serta kebutuhan – kebutuhan kecil yang tidak terduga. Setidaknya ada sekitar 5% biaya pernikahan Anda akan disiapkan untuk mengatasi hal ini.


Dengan mengetahui hal tersebut diatas, dimana banyak orang tidak ingin repot mempersiapkan segala sesuatunya sendiri itulah menjadikan Peluang Bisnis Event Organizer / Bisnis pesta pernikahan sangat menjanjikan. Menjalankan usaha di dunia Event Organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang Anda selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan. Tapi ada beberapa hal utama yang perlu Anda perhitungkan sebelum memutuskan terjun di dunia bisnis pesta pernikahan, antara lain:
  1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event pesta pernikahan, disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang Anda miliki sebagai pengelola event sudah Anda mulai sejak sekolah. Kepanitiaan yang Anda ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. 
  2. Ide kreatif dan inovatif, disadari atau tidak bisnis penyelenggara pernikahan (EO) adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah
  3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat, dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis Penyelenggara pernikahan (EO), kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. 
  4. Modal usaha yang cukup, dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis penyelenggara pernikahan (EO), kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event dan lain-lain. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.
Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya poin-poin di atas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis Penyelenggara pesta Pernikahan (EO) itu mudah, tetapi sebenarnya banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama Bisnis Pesta Pernikahan yang harus Anda miliki.

Baca juga.. Bisnis penyewaan Busana Pengantin



Artikel Terkait