Peluang Bisnis Sektor Pariwisata Indonesia


Dalam menciptakan sebuah peluang bisnis, tentulah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ini dibuktikan dengan banyaknya para pengusaha kecil yang gulung tikar. Hal tersebut mungkin dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :

  1. Salah memilih jenis usaha yang sudah menjamur.
  2. Tidak dapat bersaing dengan wiraswastawan yang lain.
  3. Tidak ada kerja sama dengan perusahaan yang besar.

Masalah-masalah ini dapat diselesaikan bila Anda dapat melihat peluang bisnis yang dapat berkembang dengan pesat dan banyak pesaing-pesaing. Anda dapat melihat pada sektor pariwisata yang kini kian merosot, karena disebabkan banyaknya kerusuhan dan keamanan yang kurang terjamin. Faktor itu untuk sementara waktu Anda abaikan dulu. Disinilah Anda dapat peluang bisnis apa saja yang dapat di lakukan untuk usaha, seperti :

Kerajinan Tangan/Souvenir

Peluang Bisnis Sektor Pariwisata Indonesia
Usaha ini mempunyai potensi yang cukup baik bila dikelola dengan baik dan kerja sama dengan perusahaan yang sudah maju. Kerajinan/souvenir haruslah memiliki kuantitas dan kualitas yang baik untuk meraih pangsa pasar dalam persaingan saat ini.

Rumah Makan Dan Restauran

Rumah makan dan restauran sebaiknya menyajikan makanan tradisional dan suasana yang nyaman serta disesuaikan dengan nuansa daerah setempat. Kemungkinan, bisnis ini dapat meraih keuntungan yang besar, karena belum banyak orang yang mau terjun dalam bisnis ini.

Sarana Transportasi

Salah satu kendala dalam meningkatkan pariwisata adalah sarana transportasi yang tidak lancar. Untuk itu kita lihat peluang bisnisnya. Disana, kita dapat mengelola angkutan umum yang menuju daerah pariwisata.

Sarana Komunikasi

Bila didaerah tersebut belum ada sarana komunikasi atau mungkin ada tetapi mungkin jauh dari tempat wisata tersebut. Apa yang akan terjadi bila daerah pariwisata tersebut ada kejadian-kejadian yang memerlukan alat komunikasi meskipun sekarang banyak yang membawa telepon seluler, mungkin akan terjadi kefatalan dalam kejadian itu. Untuk itu, usaha ini sebenarnya cukup banyak keuntungannya. Usaha itu yaitu mendirikan wartel didaerah tempat wisata tersebut.

Itulah beberapa peluang bisnis yang dapat menjadi lapangan usaha yang menguntungkan. Anda dapat memilih salah satunya untuk dijadikan lapangan usaha.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa faktor yang mendukung usaha Anda, diantaranya :

Letak Strategis

Hal ini yang terpenting untuk memulai bisnis ini yaitu dimana tempat yang cocok untuk mendirikan usaha Anda, misalnya :

Anda akan berwirausaha dibidang komunikasi, tempatnya harus dekat dengan lokasi wisata tersebut.
Sarana transportasi sebaiknya Anda buat terminal didekat lokasi wisata, tidak lupa harus dengan surat perijinan.

Letak strategis ini erupakan faktor yang harus diperhatikan dalam pengelolaan suatu usaha.
Kerjasama Antara Pihak-Pihak Yang Terkait
Pihak-pihak yang terkait ini antara lain pengusaha yang sudah berkebang atau maju. Pihak bank, disini untuk mendapatkan modal.

Untuk memulai usaha yang akan Anda lakukan sebaiknya Anda berpikir secara matang dan memilih usaha apa yang sesuai dengan ketrampilah Anda guna menunjang keberhasilan usaha tersebut, terutama Bisnis di sektor Pariwisata Indonesia

Artikel Terkait