Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Peluang Bisnis - Dalam dunia bisnis, Usaha jual beli mobil bekas cukup banyak diminati karena menjanjikan untung yang besar. Bahkan banyak orang yang tertarik bisnis mobil bekas ini dengan berbagai macam alasan. Selain bisa dijadikan sebagai kegemaran dan hobi mengumpulkan mobil-mobil yang antik, serta menjual atau pun membeli mobil bekas juga menjadi solusi yang bagus untuk para konsumen.

Tips Bisnis Jual Beli Mobil Bekas



Salah satu dari konsumen yang pernah membeli mobil bekas pasti akan mengaku jika rasa tertarik membeli mobil bekas dikarenakan harga mobilnya yang cukup terjangkau.
Mungkin itu hanya satu contoh alasan dari sekian banyak orang yang menjadi konsumen jasa jual beli mobil bekas selama ini. Dan hal inilah yang membuat Bisnis Jual Beli Mobil Bekas ini berjalan dan cukup menjanjikan bagi para pelakunya.

Banyak orang keluar kerja atau pensiunan yang lebih memilih bisnis mobil bekas, mulai dari 1 unit atau 2 unit secara rumahan.
Seperti usaha bisnis-bisnis lainnya yang berpeluang besar, bisnis mobil bekas pun selalu ada musim naik dan turun tak menentu. Biasanya tingkat penjualan kendaraan itu akan sepi tatkala musim ajaran baru tiba, sedangkan tingkat penawaran lebih banyak.

Peluang Usaha Jual Beli Mobil Bekas



Jenis Peluang Usaha jual beli mobil tergolong menjanjikan. Tapi tetap saja ada plus minusnya. Mari kita bahas baik dari sisi positif maupun negatif.

Point Negatif Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

  • Modalnya besar. Misalnya saja harga mobil bekas yang termurah adalah Rp. 20 juta. Padahal rata-rata harga mobil yang banyak dicari orang antara 80 hingga di atas 100 juta.
  • Harus paham 200% kondisi mobil. Mana mobil yang masih original, mana mobil yang sudah didempul atau cat ulang. Mana mobil yang pernah tabrakan, yang mesinnya masih bagus dan sejenisnya. Salah pilih mobil ketika membeli, maka bisa dipastikan anda akan rugi ketika menjualnya
  • Butuh networking yang baik untuk mendapatkan barang bagus. Karena inti dari bisnis ini adalah saat “membelinya”, bukan menjualnya. Atau dengan kata lain untung dalam jual beli mobil adalah pada saat “membeli”.

Point Positif Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

  • Karena modalnya besar, maka pemainnya nggak banyak. Maka pergerakkan kita masih lebih mudah.
  • Margin keuntungannya besar. Jual dengan keuntungan bersih 1 juta itu sudah tergolong kecil banget!
  • Jika anda sudah mahir, perputaran mobil (beli lalu jual lagi) bisa sangat cepat, 1-2 hari.
  • Resiko rugi kecil, tinggal masalah sabar dan kemampuan teknis yang memang harus segera dikuasai.

Tips Sukses Usaha Jual Beli Mobil Bekas di Tempat Strategis

Usaha mobil bekas adalah salah satu peluang bisnis yang memiliki prospek sangat baik, apalagi jika kita melakukannya di tempat yang strategis. Faktor pendukung yang pertama yaitu bahwa masyarakat Indonesia menganggap bahwa mobil adalah salah satu kebutuhan yang penting untuk dimiliki. Faktor yang berikutnya yaitu regulasi kepemilikan mobil oleh pemerintah di Indonesia sangat menguntungkan para pemilik mobil, antara lain karena pajaknya cukup murah. Faktor selanjutnya yaitu karena angkutan masal atau angkutan umum di Indonesia masih dianggap tidak cukup baik, sehingga sebagian besar orang memilih memiliki mobil sendiri untuk bepergian daripada harus menggunakan angkutan umum.

Sementara itu, ada beberapa faktor juga yang membuat usaha jual beli mobil bekas bisa menjadi alternatif pilihan bisnis yang menarik. Menurut Adi Cokro, salah satu pengusaha jual beli mobil bekas, faktor yang pertama yaitu masyarakat di Indonesia memiliki kecenderungan mengikuti mode terbaru dan mudah bosan. Sehingga mereka yang mempunyai uang biasanya menjual kembali mobil mereka untuk dibelikan lagi dengan model yang lebih baru. Dengan demikian, para pengusaha tidak akan kesulitan mencari stok mobil bekas maupun konsumen yang selalu ingin meng-update tunggangan mereka. Selain itu, mobil bekas menjadi pilihan karena harganya lebih terjangkau oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Lalu bagaimanakah tempat yang strategis untuk usaha mobil bekas?

Tempat Strategis untuk Usaha Mobil Bekas

Ada beberapa kriteria yang menjadikan sebuah tempat menjadi sangat strategis untuk usaha jual beli mobil bekas. Kriteria yang pertama yaitu tempat yang ramai, dimana banyak orang dari berbagai kalangan sering berlalu-lalang. Selanjutnya yaitu tempatnya harus luas dan akan lebih baik lagi jika kita memiliki lahan untuk pengujian kendaraan. Tempat yang kita pakai bisa berupa ruangan indoor maupun lahan outdoor.
Namun biasanya lahan outdoor sering menjadi pilihan yang lebih efisien. Yang jelas, tempat yang luas akan memungkinkan para pengunjung melihat kondisi mobil dengan leluasa dan lahan pengujian mobil sangat berguna untuk meyakinkan para pengunjung akan performa mobil bekas yang kita jual.

Memanfaatkan Tempat Strategis Orang Lain

Apabila kita belum memiliki tempat strategis sendiri untuk usaha jual beli mobil bekas tersebut, bukan berarti kita tidak bisa segera menjalankan usaha jual beli mobil bekas. Kita bisa memanfaatkan tempat orang lain yang strategis untuk mempromosikan mobil bekas kita. Misalkan saja bekerjasama dengan sebuah bengkel mobil yang telah memiliki banyak pelanggan. Kita taruh mobil kita di bengkel tersebut dengan perjanjian pembagian tertentu yang disepakati oleh kita dan pemilik bengkel jika mobil tersebut berhasil terjual.
Selain banyak orang yang akan melihat mobil dagangan kita, pengelola bengkel juga bisa lebih meyakinkan konsumen tentang kondisi mobil tersebut. dengan begitu kita tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu besar untuk menyewa tempat sendiri yang strategis.


Berikut tips dalam bisnis jual beli mobil bekas




1.Modal yang cukup

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa mobil bekas bukanlah barang yang murah maka itu dibutuhkannya modal yang cukup dan lumayan besar untuk membuka usaha ini.

2. Pengetahuan

Yang berikut tentu saja pengetahuan yang mendalam mengenai otomotif, diharuskan supaya ketika anda ingin membeli mobil bekas untuk stok mobil yang akan anda jual nanti, anda tahu mengenai kondisi dari mobil tersebut, dari bagian luar sampai bagian yang mendetail.

3. Orang kepercayaan

Jika pada point ke2 anda menyerah / tidak terlalu paham dengan otomotif, anda bisa merekrut orang kepercayaan untuk melakukan pengecekan, ini juga bertujuan ketika usaha anda berkembang, tentunya membutuhkan karyawan lebih dari satu orang yang bertugas untuk mengecek agar pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih cepat.

4. Mekanik

Setelah mendapat orang kepercayaan yang anda butuhkan selanjutnya adalah seorang mekanik yang bertugas supaya mobil bekas yang anda jual diperbaiki terlebih dahulu jika menemui bagian yang rusak atau kurang sempurna.

5. Kelengkapan data & kondisi

Kelengkapan data / surat-surat penting mobil yang tersedia serta kondisi mobil yang baik untuk menghindari komplain dari ketidak-puasan pelanggan.

6. Keterangan jelas

Berikan paparan dan keterangan yang jelas tentang mobil yang anda jual, usahakan untuk mengajak pelanggan berkonsultasi mengenai mobil apa yang iya inginkan dan anda tahu apa yang harus anda tawarkan kepada calon pembeli.

7. Bukti penyerahan

Buatlah bukti penyerahan jika sudah ada kata sepakat dalam transaksi jual-beli yang di tanda tangani oleh pihak pembeli, penjual dan saksi serta dibubuhi materai, ini bertujuan jika sewaktu-waktu terjadi perselisihan.

Sekian tips bagi anda yang ingin membuka usaha bisnis mobil bekas semoga tips diatas memberikan informasi yang bermanfaat sehingga anda jadi lebih siap dalam berwirausaha.

 
Powered by Blogger-Info Peluang Bisnis