Skip to main content

Panduan Membuka Travel Umroh dan Haji

Panduan membuka biro haji dan umroh - Biro perjalanan Haji dan Umroh mulai menjamur, hal ini disebabkan hampir setiap orang semakin sering bepergian umroh yang secara otomatis hal tersebut membutuhkan jasa travel agen. Peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia juga mendorong terus berkembangnya usaha travel umroh dan haji. 
cara membuka biro perjalanan haji dan umroh

Tidak ketinggalan pula bisnis tour travel yang secara khusus bergerak di bidang jasa pelayanan perjalanan ibadah ke Tanah Suci, baik umroh maupun haji. Perkembangannya terlihat sangat pesat. Pasar terbuka sangat luas untuk memulai usaha travel umroh dan haji karena sebagian besar penduduk Indonesia adalah muslim. Ditambah permintaan keberangkatan umroh dari bulan ke bulan yang semakin meningkat membuat ceruk bisnis perjalanan umroh dan haji  ini semakin ramai saja.

Saat ini orang banyak yang memilih untuk umroh sembari menunggu waktu keberangkatan haji tiba. Karena memang masa tunggu haji sangat panjang di Indonesia yang berkisar 12 sampai dengan 15 tahun. Begitupun sebaliknya, orang yang sudah pernah berangkat haji pun memilih umroh untuk mengobati kerinduan terhadap Tanah Suci. Alhasil, bisnis travel khususnya biro umrah dan Haji semakin hari bertambah semakin pesat saja perkembangannya.

Cara mendirikan Bisnis Travel Umroh. 

Untuk menjalankan Bisnis travel umroh dan Haji, secara garis besar ada dua cara, penjelasannya sebagai berikut.

1. Travel operater sebagai badan usaha sendiri.

Bisnis travel umroh ini khusus bagi Anda yang mempunyai modal besar, karena akan membutuhkan perijinan agak ribet dan cukup menguras modal di awal. Mulai dari membentuk badan usaha, BPW, ASITA, IATA dan perizinan lainnya yang sangat rumit. Selain modal yang besar (bisa sampai angka ratusan juta belum termasuk tempat), proses untuk pendirian Travel Umroh dan Haji juga memakan waktu sangat panjang. 

Bagi Anda yang belum banyak berkecimpung di dunia travel disarankan untuk menginduk pada perusahaan travel yang sudah leading dan cukup punya nama besar. Terlebih lagi bila Anda ingin fokus di bidang travel ibadah. Pilihlah perusahaan Travel Umroh dan Haji yang sudah punya nama dan terbukti profesional dalam pelayanan kepada jamaah. Jangan asal pilih, karena salah-salah Anda sendiri yang akan repot nantinya.(artikel terkait cara mudah buka usaha tiket pesawat online)

2. Mitra travel Biro Haji dan Umroh.

Bisnis travel umroh ini, Modal yang dibutuhkan terjangkau, Tentunya bila modal kecil pastilah tingkat resiko kegagalan bisa diperkecil pula. Untuk menjadi mitra travel perjalanan haji dan umroh, anda rata-rata hanya membutuhkan modal Rp 6.000.000,-. Prosesnya pun bisa sangat cepat. Sekarang Anda bayar, besok Anda sudah bisa buka dan bisa langsung jualan. 

Penguasaan dalam hal-hal teknis mengenai Bisnis Travel Umroh dan Haji bisa dilakukan sambil jalan. Karena sistem, prosedur dan mekanisme biasanya sudah disediakan. Anda tinggal ikuti systemnya saja dan rasakan keuntungannya. Apalagi bila Anda fokus pada travel yang bergerak khusus pada jasa pelayanan umroh dan haji. Akan terasa lebih dahsyat lagi karena selain berbisnis Anda juga tetap bisa khusyu beribadah.

Jasa travel agen atau bisnis travel haji dan umroh sangat luas cakupannya. Untuk awal menjalankan bisnis travel umroh, Anda harus menentukan fokus bergerak di bidang yang mana dulu, kemudian bisa dikembangkan sesuai arus pasar di lingkungan Anda.


Jenis-jenis turunan bisnis Travel Umroh dan Haji meliputi :
  1. Haji dan umrah
  2. Tour wisata domestik
  3. Tour wisata mancanegara
  4. Tiket pesawat domestik dan internasional
  5. Penukaran uang / Money changer
  6. Voucher Hotel dan Reservasi Hotel

Beberapa usaha bisa ditambahkan dalam bisnis Travel Haji dan umroh, di antaranya :
  • Rent car (sewa mobil)
  • Jasa pengurusan dokumen perjalanan ke luar negeri
  • Jika fokus usaha tour travel Anda adalah Haji dan umroh, maka Anda bisa tambahkan usaha retail perlengkapan ibadah haji dan umroh.

Sedangkan kebutuhan kantor yang harus dimiliki untuk Bisnis Travel umroh adalah :
  • Ruang kantor yang cukup representatif untuk pusat pelayanan customer/jamaah.
  • Customer Support
  • Komputer dan koneksi internet
  • Mesin Fax dan Telepon
  • Printer
Demikian sedikit informasi Panduan membuka Bisnis travel umroh dan haji semoga ada manfaatnya. info terkait cara mudah membuka usaha penjualan tiket pesawat online

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->