Cara membuat boneka dari kain flanel

Boneka merupakan mainan yang paling disukai anak khususnya anak perempuan. Boneka juga dapat mengasah imajinasi anak. Boneka kesayangan biasanya diberi nama, baju, bahkan diperlakukan laiknya makhkuk hidup. Secara tidak langsung boneka dapat melatih emosi anak.
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Boneka memiliki ragam bentuk dan ukuran. Nah, bagi Anda yang ingin memberi boneka pada si kecil, Anda dapat membuatnya sendiri, lho!

Kain flanel merupakan bahan yang cocok untuk membuat boneka sendiri. Kreasi yang dihasilkan kain flanel memang tak terbatas. Anda dapat mengkreasikan kain flanel sebagai boneka lucu untuk anak.

Cara membuat boneka dari kain flanel cukuplah mudah. Anda hanya memerlukan alat dan bahan sederhana yang mudah ditemui. Selain itu cara membuat boneka dari kain flanel juga relatif murah, cukup hemat jika dibandingkan harus membeli boneka baru di toko. Anda juga dapat mengajak anak untuk ikut membuat boneka flanel ini. (artikel terkait Peluang usaha bisnis Boneka)

Berikut cara membuat boneka dari kain flanel yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Hellobee Rabu (6/3/2019). Di sini bentuk boneka yang diambil adalah boneka beruang yang dapat diganti pakaiannya. Dengan begitu anak dapat berkreasi sesuai dengan imajinasinya. Cara ini juga bagus untuk melatih keterampilan motorik halus anak.

1. Persiapkan Alat dan Bahan
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Cara membuat boneka dari kain flanel yang paling utama adalah menyiapkan alat dan bahan. Berikut daftar alat dan bahan yang harus Anda persiapkan untuk membuat boneka dari kain flanel:

Kain Flanel berbagai warna. Gunakan warna coklat muda untuk badan beruang, cokelat tua untuk mata dan hidung. Untuk baju, siapkan aneka warna kain flanel atau Anda juga dapat menggunakan kain flanel bermotif.

  • 4 buah kancing (ukuran 3/4 inci)
  • Benang sulam
  • Kapas,dacorn atau isian untuk beruang
  • Gunting
  • Jarum jahit
  • Jarum pentul atau klip
  • Kertas (untuk membuat pola)


2. Buat Pola Boneka
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Setelah alat dan bahan siap. Cara membuat boneka dari kain flanel selanjutnya adalag dengan membuat pola. Pola ini berupa badan beruang dan pakaian, Anda bisa menggunakan pola yang sudah ada seperti pada gambar diatas dengan mencetaknya. Pola ini dirancang oleh Mollie Johanson dari Hellobee.

Print pola beruang tersebut lalu potong 2 lembar kain flanel cokelat muda mengikuti pola badan beruang. Potong juga mata dan hidung dengan flanel cokelat tua. Kemudian potong kain aneka warna lainnya sesuai dengan pola pakaian beruang yang ada.


3. Tempel Mata, Hidung dan Kancing
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Setelah kain flanel terpotong sesuai dengan pola, cara membuat boneka dari kain flanel selanjutnya mulailah untuk menempel mata dan hidung beruang pada selembar potongan badan beruang (nantinya akan jadi bagian depan).

Anda dapat menjahit mata dan beruang dengan benang sulam di bagian kepala beruang. Jangan lupa untuk membuat mulut beruang dengan teknik Jahit sederhana menggunakan benang.

Kemudian, tempel keempat kancing ke potongan beruang yang sama dengan mata dan hidung tadi. Jahit 2 kancing masing-masing di sisi atas lengan, dan 2 lagi di sisi atas kaki.

4. Jahit dan Isi Badan Boneka
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Setelah sisi depan beruang siap, mulailah menjahit kedua potongan badan beruang. Gunakan jarum pentul atau jepitan untuk menahan kedua potongan beruang agar lebih mudah dijahit. Jahit 2 lembar potongan badan beruang dibagian pinggirnya. Sisakan sedikit lubang untuk tempat mengisi isian boneka.

Isi badan boneka dengan isian yang telah disiapkan tadi. Gunakan potongan-potongan kecil kapas atau dacorn untuk mengisi boneka dari kaki sampai kepala, jangan lupa untuk mengisi bagian telinga.

Tidak perlu terlalu padat namun pastikan juga si beruang tidak terlalu lemah. Jahit lubang agar menutup sempurna. Dengan begitu beruang siap diberi pakaian.

5. Buat Pakaian Boneka
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Cara membuat boneka dari kain flanel selanjutnya adalah membuat pakaian beruang. Gunakan pola yang ada untuk memotong pakaian. Lipat flanel menjadi dua untuk memotong celah lubang kancing.

Periksa setiap lubang kancing dengan kancing agar pas dengan lubang yang ada. Anda mungkin perlu memperbesar sedikit lubang tergantung pada ukuran kancing yang Anda gunakan.

Pakaian bisa sesederhana bentuk dasar pola dengan lubang kancing. Atau Anda dapat menambahkan hiasan tambahan! Di sinilah anak juga bisa terlibat.

Biarkan mereka memilih warna atau hiasan untuk ditambahkan. Anda bahkan bisa membiarkan mereka menghiasi pakaian dengan menempelkan potongan flanel atau melukis dengan cat kain.


6. Boneka Beruang Siap dengan Ragam Pakaiannya
Cara membuat boneka
sumber: Hellobee

Setelah pakaian beruang jadi, pasangkan pakaian tersebut dengan kancing yang ada. Pakaian dapat dilepas dan diganti dengan pakaian lain. Anda dan anak juga dapat terus berkreasi dengan pakaian-pakaian yang ada.

Anda juga dapat membuat jubah di belakang dan ubah beruang Anda menjadi pahlawan super. Bahkan dengan hanya beberapa potong pakaian, mendandani beruang ini akan membuat anak-anak kecil sibuk. Artikel terkait Peluang Usaha Boneka


Pada awalnya, mereka mungkin membutuhkan bantuan Anda untuk memasukkan kancing-kancingnya, tunjukkan pada mereka cara berpakaian beruang. Dengan begitu anak akan memiliki mainan baru yang mengasikkan.

Link Asli. https://www.liputan6.com/citizen6/read/3910632/cara-membuat-boneka-dari-kain-flanel-cocok-untuk-si-kecil



Artikel Terkait