5 Jenis Bisnis Minimarket Paling Top


BISNIS MINIMARKET adalah jalan keluar bagi anda yang ingin berinvestasi aman, lancar dan menguntungkan dalam bisnis minimarket. Keunggulan bisnis retail sebagai investasi adalah bahwa bisnis retail telah teruji tahan terhadap krisis ekonomi, resiko bisnis yang kecil dan cash flow nya sangat baik.

Berbagai Jenis Usaha Minimarket 


cara buka minimarket


A. Minimarket / Swalayan Reguler
Yaitu minimarket atau swalayan yang seperti pada umumnya anda ketahui. Menjual produk kelontong, kebutuhan sehari-hari mulai dari sembako, susu, sabun, pengharum ruangan, popok, kapas dll. Untuk minimarket jenis ini kami sudah membantu ratusan klien, baik klien personal maupun corporate. 

Sudah ratusan minimarket kelontong yang telah kami dirikan baik di jawa maupun di luarjawa. Kunci keberhasilan minimarket terletak pada pondasi managemen, persediaan yang mencukupi dan lokasi minimarket yang strategis dekat dengan penduduk. 

Kami menyarankan lebih baik memilih lokasi yang tidak terlalu ramai namun belum banyak pesaing daripada memilih lokasi yang rami namun sudah jenuh dengan pesaing. Jika memang menghendaki memenangi persaingan maka anda harus dirikan minimarket dengan paket yang diatas para pesaing anda.

B. Minimarket / Swalayan Accesories


Yaitu minimarket atau swalayan yang produknya mengkhususkan pada produk aksesoris seperti mainan anak-anak, fancy, gelang, kalung, anting, bando, dompet, kacamata, jam tangan dll. . Kelebihan minimarket jenis ini adalah pada margin profit yang tinggi mencapai 30%. Namun minimarket jenis ini harus memiliki lokasi yang tepat seperti di dalam MALL, atau di area pemukiman padat penduduk. Tidak cocok untuk di perumahan cluster / apartemen. 

Modal yang dibutuhkan relatif sama dengan minimarket reguler yakni tergantung pada luas tempat dan seberapa besar coverage konsumen yang akan diambil. 60% konsumen minimarket jenis ini adalah para ABG, 20% anak-anak dan 20% umum. Minimarket jenis ini relatif tidak memerlukan ijin formal. Cukup ijin non formal kepada warga setempat.

C. Minimarket / Swalayan Apotek.
Yaitu minimarket / swalayan yang didirikan dan digabung di dalam area APOTEK. Saat ini sedang trend sebuah apotek tidak hanya mengandalkan penjualan pada produk farmasi saja, sudah mulai merambah menjual Susu, Popok, Pembalut, Sabun mandi dan lainnya. Namun tetap harus ada koridor dan batasan agar Apotek terlihat tetap seperti Apotek. 

Pendirian Apotek memerlukan modal yang hampir sama dengan modal minimarket, perbedaannya perijinan Apotek harus diurus terlebih dahulu oleh Apoteker yang kita ajak bekerjasama. Jika ijin belum turun tentu ada dilarang memulai usaha ini.

D. Minimarket Fashion
cara buka minimarket baju

Yaitu minimarket / swalayan yang produknya mengkhususkan pada produk fashion pakaian ABG dan Dewasa baik untuk cewek maupun cowok. Fashion ini memiliki segmentasi yang luas sekali, namun yang hendak kami bidik adalah segmentasi menengah ke bawah. Sehingga produk-produk yang dijual pun haruslah selektif tidak semua branded.  

Selain produk yang segmented, Desain interior juga merupakan modal penting untuk menunjang performa toko. Diirigi dengan sistem display yang cantik, pelayanan yang ramah membuat jumlah pengunjung bertambah dan akhirnya omzetpun bertambah. Bahkan di momen tertentu (lebaran) omzet bisa naik sampai 10x lipat dari hari biasa.

E. Minimarket / Swalayan Baby Shop

buka toko perlengkapan bayi

Yaitu miinimarket / swalayan yang produknya mengkhususkan pada produk perlengkapan bayi mulai dari peralatan dan perlengkapan kelahiran bayi hingga peralatan dan perlengkapan hingga bayi berumur 5 tahun. Sepuluh tahun yang lalu mungkin belum terpikirkan untuk meminimarketkan BABYSHOP, namun seiring perkembangan jaman, masyarakat konsumen menuntut konsep minimarket diadopsi.  

Desain interior yang menunjang, sistem display yang cantik, diiringi dengan pelayanan yang ramah membuat jumlah pengunjung bertambah dan akhirnya omzetpun bertambah.
Demikian semoga bisa dijadikan referensi untuk Anda mengenai Peluang Bisnis Minimarket Indonesia sebagai solusi Bisnis Anda.

Artikel Terkait