Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga

Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga. Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa bekerja dan mencari penghasilan sendiri. Sebaliknya, ada banyak peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah dan keluarga.

Usaha ini bisa dijadikan sampingan untuk menambah pendapatan bulanan, tapi jika dikerjakan dengan serius, mungkin saja ini akan menjadi sumber keuangan keluarga yang utama. Bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga dan tertarik untuk bekerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Usaha sampingan ibu Rumah Tangga



  1. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil, sebaiknya pilih jenis usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Jadi perhatian Anda tidak sepenuhnya fokus pada bisnis dan tetap bisa mengurus keluarga dengan baik.
  2. Pilihlah bisnis berdasarkan minat, kemampuan, atau hobi yang Anda miliki. Dengan menekuni bisnis yang sesuai dengan keinginan, pastinya akan terasa lebih menyenangkan dan Anda tidak akan merasa terbebani.


Nah, bagi Anda yang masih kebingungan menentukan jenis usahanya, berikut adalah beberapa contoh Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga

1. Usaha Katering

Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga yang pertama adalah usaha Katering. Bila Anda suka memasak tapi tidak tertarik mendirikan warung atau tempat makan, Anda bisa menjalankan usaha katering yang juga sangat menjanjikan. Layanan katering yang paling utama adalah menyediakan makanan untuk acara-acara tertentu misalnya, pernikahan, seminar, aqiqah, atau katering makan siang karyawan kantor.

Bila tinggal di kawasan kampus, maka Anda bisa menawarkan layanan katering harian untuk mahasiswa. Bisnis ini sangat menguntungkan karena memang sering dicari oleh mahasiswa. Seperti yang diketahui, mahasiswa biasanya tidak punya banyak waktu untuk memasak, bahkan terkadang malas keluar rumah untuk membeli makanan.
Baca. Tips untuk memulai Usaha Katering Makanan untuk Ibu Rumah Tangga

2. Bisnis Kue dan roti

Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga yang kedua adalah Kuliner kue dan roti. Hampir semua orang pasti menyukai kue dan roti, tapi tidak semua orang bisa membuatnya. Jadi bila Anda memiliki keahlian membuat kue, jangan sia-siakan kemampuan tersebut dan mulailah berbisnis.

Untuk cara menjual, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Pertama, Anda bisa menjualnya secara langsung, misalnya dengan membuka toko kue. Kedua, Anda bisa menitipkan kue buatan Anda ke toko-toko atau para penjual makanan di pasar, jadi Anda tidak perlu repot-repot berjualan dan hanya fokus pada proses pembuatan kue.

3. Jual Perlengkapan Bayi dan Balita

Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga yang ketiga yang patut dicoba adalah menjual barang-barang perlengkapan bayi dan balita. Ini bisa jadi bisnis yang sangat tepat untuk ditekuni, karena bila Anda adalah seorang ibu rumah tangga, Anda pasti paham tentang keperluan bayi dan barang apa saja yang mereka butuhkan.

Sama seperti orang dewasa, bayi juga memiliki kebutuhan yang sangat banyak, mulai dari pakaian, popok, kain/selendang untuk menggendong, atau sepatu bayi. Anda juga bisa menjual makanan atau camilan khusus bayi dan balita, misalnya susu, bubur, atau biskuit.
Baca. Cara membuka usaha Perlengkapan Bayi untuk Ibu Rumah Tangga

4. Usaha Laundry Kiloan

Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga ke empat adalah laundry kiloan. Laundry merupakan contoh usaha yang bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini tidak membutuhkan keahlian khusus, kecuali kemampuan mencuci dan menyetrika, kemampuan yang pastinya sudah sangat akrab dengan sebagian besar ibu rumah tangga.

Untuk menjalankan usaha Laundry kiloan ini dengan baik, Anda harus memiliki perlengkapan yang memadai, mulai dari mesin cuci, peralatan menyetrika, hingga sarana air bersih. Bisnis ini akan semakin menguntungkan bila tempat laundry Anda berada di lokasi yang strategis, misalnya area kampus atau kawasan indekos.
Baca cara membuka usaha Laundry agar menguntungkan

5. Jasa Menjahit

Usaha sampingan untuk ibu Rumah Tangga yang kelima, Menjahit termasuk keahlian yang cukup mahal dan tidak semua orang bisa melakukannya. Itulah mengapa bisnis ini bisa sangat menjanjikan, karena memang tak sedikit orang yang membutuhkan jasa penjahit untuk membuat pakaian yang sesuai dengan keinginan mereka.

Seperti bisnis jasa pada umumnya, kemajuan bisnis ini sangat ditentukan oleh faktor pelayanan. Jadi selain keahlian menjahit yang mumpuni, Anda harus memastikan agar jahitan bisa sesuai dengan pesanan dan selesai tepat waktu.

Itulah contoh usaha sampingan ibu rumah tangga yang tak boleh dipandang remeh karena prospeknya yang sangat menjanjikan. Jadi bila Anda memiliki banyak waktu luang di rumah, manfaatkan waktu dengan 5 contoh usaha diatas dan raup keuntungan secara halal.

Ide inspiratif. https://ramesia.com

Artikel Terkait

This Is The Newest Post