Cara buka usaha Nasi Goreng

Usaha Nasi Goreng ini banyak kita jempai ketika sore hari menjelang maghrib. Konsep usaha nasi goreng yang digunakan bisa berupa gerobak kaki lima maupun cafe. Dan setiap gerai usaha nasi goreng tersebut senantiasa laris manis diburu para penikmat nasgor baik dari berbagai kalangan

usaha Nasi Goreng biar laris
Keuntungan berjualan nasi goreng adalah usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Namun dengan modal yang kecil, anda telah dapat membuka usaha berjualan nasi goreng dengan konsep unik maupun usaha nasi goreng pinggir jalan. Salah seorang pengusaha nasi goreng yang sukses di perkotaan mengutarakan bahwa omset yang diperoleh dari bisnis nasi goreng sebesar Rp 15 juta per bulan.Untuk memulai usaha nasi goreng diperlukan persiapan sebelumnya. Berikut ini beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis nasi goreng, antara lain:

Baca. Cara buka usaha Bebek Goreng

  1. Memahami Usaha Nasi Goreng
    Bagi anda pemula dalam bisnis nasi goreng mungkin kebingungan dalam buka usaha nasi goreng. Oleh sebab itu, sebelum menjalankan usaha nasi goreng anda perlu membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan mengenai seluk beluk bisnis nasi goreng, teknik memasak nasi goreng yang baik dan benar, cara pemasaran usaha nasi goreng, mengetahui tempat yang strategis bagi usaha berjualan nasi goreng, mengetahui resep nasi goreng pinggir jalan enak dan lain sebagainya.
  2. Kombinasi Usaha
    Sebuah usaha nasi goreng tak mesti khusus menjual nasi goreng. Ia bisa saja menambah dengan menu kuliner lain yang bisa dijual dan sejenis. Misalkan menjual mie yamin, capcay, dan kuliner lainnya. Hal ini sudah biasa dilakukan oleh para pedagang nasi goreng baik di perkotaan maupun pedesaan untuk meningkatkan omset penjualan mereka. Harga satu porsi nasi goreng saat ini sebesar Rp 12 ribu untuk wilayah desa. Sedangkan di kota, harga nasi goreng perporsi lebih mahal.
  3. Persaingan
    Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan, persaingan usaha jualan nasi goreng di kota sangat tinggi. Hampir di setiap sudut kota dan tempat gampang dijumpai usaha berjualan nasi goreng sistem gerobak maupun warung. Bahkan dalam satu tempat bisa ada beberapa gerai usaha jualan nasi goreng. Di sinilah perlunya pedagang nasi goreng agar memiliki ide bisnis kreatif dalam memikat para pelanggan. Seperti memberikan menu nasi goreng yang unik. Misalkan nasi goreng gila, nasi goreng jablay, nasi goreng oriental, nasi goreng spesial, nasi goreng jawa, dan nama unik lainnya. Hal itu untuk menarik minat beli masyarakat sekitar. Setelah merasakan nikmat dan lezat nasi goreng buatan sobat maka mereka akan menjadi pelanggan setia. Pendek kata, pastikan rasa nasi goreng yang anda jual mempunyai rasa enak, lezat dengan harga yang lebih murah dari kompetitor.

Usaha berjualan nasi goreng menguntungkan sekali. Karena gampang dijalankan, pangsa pasar yang luas, modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil dan lain sebagainya.
Hal ini dibuktikan berdasarkan data dari google trend bahwa resep nasi goreng menempati urutan pertama pencarian terbanyak di Indonesia. Banyak penggemar kuliner nasi goreng. Namun tidak semua orang bisa membuat nasi goreng yang enak dan lezat. Maka pilihan terakhir adalah membeli nasi goreng di gerobak atau kios dan cafe yang menyajikan menu nasi goreng.

Usaha berjualan nasi goreng sudah marak di perkotaan dengan ciri khas masing-masing dan unik. Ada nasi goreng jablay, nasi goreng lamongan, nasi goreng madura, nasi goreng sby dan nasi goreng dengan nama unik lainnya. Sehingga anda jangan kaget dengan persaingan bisnis nasi goreng sangat tinggi di kota. Namun jika anda ingin bisnis nasi goreng dengan persaingan yang masih sangat lemah maka wilayah pedesaan yang padat penduduk bisa jadi pilihan alternatif tempat buka usaha berjualan nasi goreng.

Namun untuk memulai bisnis nasi goreng modal utama yang harus dimiliki adalah keterampilan membuat nasi goreng yang enak dan sesuai lidah masyarakat Indonesia. Hal ini wajib supaya para pembeli yang telah datang dapat membeli lagi nasi goreng di lain waktu dan menjadi pelanggan tetap.

Rincian Biaya Modal Usaha Nasi Goreng

Untuk memulai usaha berjualan nasi goreng yang unik dan lezat berdasarkan pengalaman penulis tidaklah sulit. Bisnis makanan ini tak memerlukan banyak tenaga kerja dan modal besar. Dengan satu orang pun usaha nasi goreng bisa berjalan lancar dan menguntungkan. Terutama di awal usaha. Namun jika usaha nasi goreng telah berkembang pesat maka anda bisa merekrut tenaga karyawan.

Berikut rincian biaya modal untuk membuka usaha nasi goreng 

  1. Gerobak Nasi Goreng Modern
    Harga gerobak nasi goreng sekitar Rp 2 juta
  2. Tenda Jualan
    Tenda bagi jualan nasi goreng bisa anda beli di toko terpal plastik dengan harga Rp 200 ribu
  3. Kursi dan Meja
    Untuk kursi dan meja bagi usaha nasi goreng tidak perlu yang mahal dan bagus. Pilihlah kursi plastik dan meja kayu yang panjang. Di pasaran harga meja panjang dan kursi plastik dalam satu paket sekitar Rp 500 ribu
  4. Peralatan Memasak
    Untuk peralatan memasak yang meliputi wajan penggorengan berukuran besar, panci, tatakan, dll. Biaya untuk membeli peralatan dan perlengkapan memasak diperkirakan sebesar Rp 400 ribu.
  5. Peralatan dan Perlengkapan Makan
    Yang meliputi sendok, garpu, gerabah, tissue dan lain sebagainya. Harga Rp 400 ribu
  6. Bahan Baku
    Untuk pembelian bahan baku nasi goreng yang meliputi minyak goreng, nasi, sayur-sayuran, bumbu pelengkap, beras, telur ayam, daging kambing, rempah-rempah dan lain-lain. Harga Rp 300 ribu.
  7. Sewa Lokasi Usaha
    Lokasi usaha yang strategis sangat menunjang keberhasilan bisnis nasi goreng. Oleh sebab itu, anda mesti pintar memilih lokasi usaha yang strategis bagi usaha jualan nasi goreng. Seperti berada di dekat pusat keramaian orang. Harga sewa lokasi usaha di tempat strategis sebesar Rp 1 juta perbulan. Namun jika anda membuka usaha jualan nasi goreng secara rumahan di depan rumah yang strategis maka biaya sewa lokasi usaha bisa ditiadakan.

Keuntungan Usaha Nasi Goreng

Jika harga satu porsi nasi goreng yang anda jual dibanderol dengan harga Rp 10 ribu maka keuntungan bersih yang sobat dapatkan perporsi nasi goreng sebesar 50 persen atau sekitar Rp 5 ribu. Apabila dalam satu hari, sobat mampu menjual 100 porsi nasi goreng maka keuntungan bersih yang sobat dapatkan sebesar Rp 500 ribu perhari. Dikalikan satu bulan atau 30 hari, pendapatan bersih yang didapat dari bisnis nasi goreng sebesar Rp 15 juta perbulan (30 hari x Rp 500 ribu). Bagaimana menguntungkan sekali usaha nasi goreng ini bukan? Apalagi usaha nasi goreng bisa dijalankan dengan modal kecil. Tapi seperti dilihat di atas keuntungan atau omset perbulan sangat besar.

Sumber. https://www.investasiuntung.com

Artikel Terkait