Skip to main content

Cara membuat Masker untuk cegah Corona

Ajakan untuk menggunakan masker kain di tengah wabah corona kini didengungkan karena terbatasnya stok masker medis, baik masker N95 maupun masker bedah. Selain itu, ajakan ini untuk mengajak setiap orang tidak berburu masker medis agar stok bagi pekerja medis aman karena mereka yang lebih membutuhkan.  


Awalnya, penggunaan masker disarankan bagi mereka yang sakit maupun mereka yang merawat pasien yang terindikasi atau positif infeksi virus corona. Kini, siapa saja disarankan menggunakan masker terutama jika bepergian ke luar rumah karena adanya penularan virus corona dari mereka yang tidak bergejala. Menggunakan masker jika berkegiatan di luar rumah juga salah satu rekomendasi cara melindungi diri dari penularan virus corona yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Baca juga: Ampuhkah Masker Kain Cegah Penularan Covid-19?   

Penggunaan masker kini dianggap sebagai upaya untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari penularan virus corona. Berikut ulasan mengenai masker kain dan cara membuatnya sendiri: Daripada tidak mengenakan masker sama sekali Melansir Business Insider, meskipun masker wajah buatan sendiri atau masker kain tidak seefektif masker bedah atau respirator N95, mayoritas ahli mengatakan bahwa lebih baik menggunakan masker wajah buatan sendiri dibandingkan tidak sama sekali dalam hal mencegah penyebaran virus corona. 
Sebuah studi pada 2013 mengamati kemampuan masker yang terbuat dari bahan kaus katun untuk mencegah penyebaran influenza. Para peneliti menemukan, masker buatan ini efektivitasnya sepertiga dari efektivitas dengan menggunakan masker bedah. Bahkan, masker buatan sendiri secara signifikan mengurangi jumlah mikroorganisme yang tersebar. Namun, penelitian ini tidak menjelaskan seberapa efektif masker buatan melindungi orang menghirup partikel yang bisa mengandung virus. 

Apa yang harus diperhatikan dari masker kain?

Pembuatan masker kain dapat menggunakan bahan-bahan umum yang mudah ditemukan.

Lapisan-lapisan masker menjadi kunci pembuatan masker yang efektif. Hal ini juga penting untuk membuat masker yang membentuk ukuran yang pas di mulut dan hidung sehingga partikel tidak bisa masuk melalui celah yang ada. 

Masker dengan lapisan luar yang halus, lapisan tengah yang tebal, dan dijalin dengan erat seperti nilon atau kapas. Disarankan untuk tidak menggunakan wol atau kain lain yang dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit. 
Sementara itu, para peneliti dari University of Pittsburgh pada 2006, dengan pedoman CDC, menggunakan kaus katun biasa untuk membuat masker tanpa jahitan. Mereka merebus kain selama sepuluh menit untuk mensterilkannya. Kemudian, kain dipotong sesuai ukuran dan membentuk masker menggunakan satu lapisan luar dan delapan lapisan dalam yang menutupi mulut dan hidung. 
Masker ini dapat diikat di kepala pemakai untuk memberikan rasa nyaman. Pengujian menunjukkan bahwa masker ini juga memberikan perlindungan yang baik. Bahan dan cara membuat masker kain Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana membuat masker kain sendiri? Mengutip Huffington Post, sebuah studi tentang masker wajah buatan rumah yang dilakukan SmartAirFilters.com menemukan bahwa kaus katun dan sarung bantal katun adalah bahan terbaik yang bisa digunakan untuk membuat masker wajah DIY. Alasannya, kedua kain ini punya kemampuan menangkap partikel. Meski demikian, pengguna tetap dapat bernapas dengan nyaman. 

Bahan untuk membuat masker Corona
  1. Bahan Kain, seperti katun, atau kain mikrofiber 
  2. Pita elastis atau dua ikatan rambut
  3. Gunting 
  4. Mesin jahit 

Cara membuat masker untuk cegah Corona
1. Buat dua persegi panjang kain, ukuran 12x6 cm atau 11x5 cm.
2. Jahit lapisan-lapisannya menjadi satu, lalu jahit tepi bawah. 
3. Lipat lebih dari satu sisi, mulailah menjahit kain sehingga karet elastis berada di dalam lipatan. 
4. Tarik kencang bagian karet elastis dan jahit sisa lipatan. Ulangi di sisi lain. 
6. Pastikan untuk melakukan backstitch (menjahit beberapa kali) di awal dan akhir jahitan, karena karet elastis akan menarik di titik-titik tersebut. 


Penulis : Mela Arnani
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bagaimana Cara Membuat Masker Kain Sendiri?", 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->