Modal Jualan Bakso

Modal Memulai Bisnis Bakso beserta Keuntungannya


Perhitungan Memulai Bisnis Bakso yang akan kami tuangkan di bawah ini hanyalah perkiraan saja. Sebelum menggunakannya untuk keperluan anda memulai bisnis bakso, ada baiknya jika anda komparasikan dengan sumber-sumber lainnya, terutama dari sumber langsung di lapangan.

Berapa Modal untuk jualan Bakso

Sebelum kami lanjutkan membahas perhitungan modal dan keuntungan berjualan bakso, mari kita coba untuk melakukan perhitungan cepat dari bakso yang bisa kita jual dalam sehari.

Misalkan anda menjual bakso secara keliling di tempat yang ramai, kiranya tidaklah sulit bagi anda untuk menjual sekitar 50 porsi (mangkok) dalam seharinya. 50 porsi di sini adalah sudah beserta minumannya.

Dari situ, mari kita coba membuat perhitungan dengan penjualan minimal 50 porsi setiap hari. Umumnya, dalam menjual bakso keuntungan yang diambil adalah sekitar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per mangkoknya.

Perkiraan Keuntungan Penjualan Bakso


  1. Keuntungan dari bakso  Rp2.000 x 50 porsi = Rp. 100.000
  2. Kuntungan dari minuman Rp1.000 x 50 porsi = Rp. 50.000
  3. Kentungan dari makanan lain seperti krupuk Rp. 1000 x 20 = Rp.20.000
  4. Total keuntungan Perhari Rp170.000 
  5. Total Keuntungan perbulan Rp5.100.000

Luar biasa. Hanya cukup dengan berjualan bakso sebanyak 50 porsi dalam sehari, anda dapat mengumpulkan keuntungan sekira Rp.5.100.000 dalam waktu sebulan. Apalagi jika kita mampu menjual sebanyak 100 porsi atau lebih dari itu, tentunya keuntungan yang akan kita dapatkan lebih banyak lagi.

Perkiraan modal yang dibutuhkan untuk menjual bakso secara lebih terperinci.

1. Menjual Bakso dengan Gerobak Keliling

  • Perkiraan harga 1 gerobak = Rp1.500.000
  • Perkiraan harga peralatan masak dan hidangan = Rp2.000.000
  • Perkiraan biaya promosi dll = Rp500.000
  • Perkiraan total biaya yang anda butuhkan untuk memulai usaha bakso dengan menggunakan grobak keliling adalah sekitar Rp4.000.000. Dengan estimasi keuntungan (profit) sekitar Rp5.000.000, maka dalam satu bulan (apabila telah berhasil mencapai target), anda sudah bisa menutup modal yang dikeluarkan.
2. Berjualan Bakso di Tempat yang Ramai Pengunjung

berapa modal bikin kios bakso

Dalam membuat rincian modal awal bisa sedikit kita samakan seperti modal awal untuk berjualan bakso secara keliling, kemudian ditambah modal/biaya untuk menyewa tempat. Baik itu di pinggiran jalan, di toko atau depan toko, di pinggiran pasar.

Biasanya biaya yang dibutuhkan per bulannya sekiar Rp500.000. Bisa juga kita tambahkan tenda dan kursi untuk tempat makan bagi pelanggan kira-kira Rp2.500.000. Memang membutuhkan biaya yang lebih besar, tapi anda tidak perlu lagi untuk berkeliling. Anda bisa lebih konsentrasi untuk memperbaiki mutu jualan.

Di samping itu, apabila tempat yang anda sewa berada di area yang ramai pengunjung, tentunya akan bisa menarik lebih banyak pengunjung ke warung bakso yang anda jalankan, sehingga keuntungan yang didapat pun lebih maksimal. Baca juga resep Bakso laris manis

  1. Perkiraan harga 1 gerobak = Rp1.500.000
  2. Perkiraan harga peralatan masak dan hidangan = Rp2.000.000
  3. Perkiraan biaya promosi dll = Rp500.000
  4. Perkiraan biaya sewa tempat = Rp500.000
  5. Perkiraan harga tenda dan kursi = Rp2.500.000

3. Membuka Usaha Bakso dengan Cara Menyewa Kios atau Toko

jualan bakso dengan menyewa kios
Membuka warung bakso dengan cara menyewa tempat seperti kios atau toko secara umum berada di level yang lebih tinggi dibanding yang sebelumnya. Tentu saja terdapat risiko yang harus kita hadapi ketika ingin memulai berjualan bakso dengan menyewa toko atau kios. Di antaranya:

Biaya yang harus dikeluarkan relatif lebih banyak, karena harus menanggung biaya sewa yang tentunya lebih mahal. Sehingga target penjualan yang dicanangkan pun harus lebih tinggi.
Hal ini bisa diakali dengan cara melakukan berbagai promosi untuk menarik pelanggan. Di antaranya dengan memberikan berbagai diskon dan promo-promo menarik lainnya. Cara promosi lainnya adalah dengan memasang spanduk yang kiranya bisa menarik pelanggan.

Jangan takut untuk mengeluarkan biaya promosi, karena promosi yang baik akan selalu berdampingan dengan hasil yang didapatkan. Anggap promosi sebagai investasi yang memang bagian dari biaya operasional yang harus dikeluarkan. Catat biaya promosi sebagai bagian dari modal yang suatu saat harus break event point (BEP).

Anda harus terburu-buru untuk sukses karena sudah terlanjur mengeluarkan biaya yang cukup banyak.
Supaya bisa cepat mencapai kesuksesan, pelajari terlebih dulu hal-hal yang memang harus diketahui sebelum memulai usaha bakso. Anggap diri anda sebagai pemula, sehingga anda akan terus berusaha untuk belajar berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis anda.

Setelah cukup banyak belajar tentang tips dan trik untuk memulai bisnis bakso, lakukan dengan cermat, hindari kesalahan sebisa mungkin. Lakukan bisnis sesuai prinsip yang telah dicanangkan. Segera perbaiki apabila ada kesalahan. Dengan begitu, kemungkinan anda untuk bisa sukses akan lebih cepat.

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha bakso dengan cara menyewa toko atau kios.
  1. Perkiraan biaya sewa kios per tahun = Rp12.000.000
  2. Perkiraan biaya beli meja dan kursi = Rp2.000.000
  3. Perkiraan biaya beli alat masak dan hidang = Rp2.000.000
  4. Perkiraan biaya pembuatan spanduk dan lain-lain = Rp1.000.000
  5. Perkiraan biaya bahan baku dan laiin-lain = Rp1.000.000

Total biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha bakso di tempat yang menetap seperti kios atau toko adalah kurang lebih Rp18.000.000 sampai Rp20.000.000. Memang cukup besar, tapi jika perhitungan dan cara berbisnis anda tepat, anda bisa mendapatkan hasil yang berkali-kali lipat. Baca juga strategi bisnis berjualan bakso


Demikian artikel tentang Cara Memulai Usaha Bakso Beserta Perhitungan Modal dan Keuntungannya yang bisa kami sampaikan kepada anda. Sebelum memulai usaha ini, kami sarankan untuk berkonsultasi dulu kepada orang-orang yang sudah terlebih dahulu mencoba usaha ini. Dengan begitu anda bisa mengkalkulasi dengan tepat terkait prospek, modal, dan keuntungannya secara lebih mendetail dan presisi. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan bagi pemula yang ingin memulai bisnis bakso.
Sumber. konsultasibisnis.com

Artikel Terkait