Peluang usaha dodol

Peluang usaha dodol - Dodol merupakan jajanan asli orang Indonesia yang sangat popular. Jajanan yang dibuat dari bahan ketan dengan campuran santan, gula merah dan perasan makanan memang begitu popoular. Dodol disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya yang manis dan legit membuat dodol mudah diingat bagi banyak orang. Selain itu tekstur dodol cukup lengket dan agak berminyak. Aneka rasa dodol memang sangat beragam mulai dari rasa coklat, durian, nanas, stroberi, moka, nangka, pisang dan lainnya.

Peluang usaha dodol

Selain itu jenis dodol amat banyak di Indonesia namun yang popular adalah jenis dodol garut. Dodol sering dicari orang untuk camilan juga oleh-oleh bagi kerabat dan saudara. Tingginya pemburu dodol membuat usaha dodol makin diperhitungkan. Bisnis dodol sangat menjanjikan dan dari usaha ini telah berhasil mencetak nama-nama pengusaha sukses.

Peluang usaha dodol memang masih sangat terbuka lebar dan begitu menjanjikan. Meski bisnis dodol telah ada sejak lama namun hingga kini masih tetap ada. Hal ini membuat prospek usaha dodol sangat bagus dan begitu cerah sebagai usaha dengan laba yang menggiurkan. Bisnis dodol mudah dijalankan dengan sentuhan berbagai kreasi dan inovasi maka Anda akan dapat memenangkan persaingan bisnis ini. Menarik sekali jika bisnis dodol dibahas lebih lanjut seperti apa peluangnya. Untuk itu simak informasi bisnis dodol sebagai berikut :

Memulai usaha dodol
Ketika menjalankan bisnis dodol memang dapat dimulai dengan langkah mudah dan gampang. Dalam menjalankan bisnis dodol bisa dijalankan dalam kebutuhan modal kecil. Untukmana berkecinampungan usaha dodol bisa dilakukan dengan skala rumahan menggunakan modal yang tidak besar.

Pelaku usaha dodol
Usaha dodol ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan usaha jajanan menguntungkan tersebut. Bagi siapa saja ingin menjalankan bisnis dodol sangat mudah, proses produksi dodol mudah juga laba menguntungkan.

Konsumen usaha dodol
Konsumen dodol memang tidaklah sulit, suguhan sensasi nikmat yang disajikan dodol mampu memikat banyak orang. Konsumen dodol cukup besar dan tak terbatas mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan baku usaha dodol
Dalam menjalankan bisnis dodol memerlukan bahan baku untuk pembuatannya. Untuk membuat dodol yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tepung ketan, kelapa tua, gula pasir, gula merah, garam, pewarna makanan, perasa makanan daun pandan,  dan lainnya. Untuk mencari bahan baku dodol bisa dijumpai di toko, pasar atau supermarket terdekat.

Peralatan usaha dodol
Dalam usaha dodol membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya gerobak, kompor dan gas, wadah, mesin parut kelapa, mesin pengaduk dodol, peralatan pengemas dan lainnya.

Lokasi strategis dalam berjualan dodol
Dalam berjualan dodol , Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Usaha dodol dapat membuka gerai, stand atau kios di pinggiran jalan, dekat sekolah, dekat tempat wisata, kampus dan lainnya. Atau bisa menitipkan produk dodol ke toko, supermarket atau swalayan dan lainnya.

Karyawan usaha dodol
Karyawan dalam menjalankan usaha dodol bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual dodol
Patokan harga untuk dodol dapat Anda buat dalam hitungan per kemasan dimana harga mulai Rp 10.000 hingga Rp 15.000.

Strategi promosi usaha dodol
Pemasaran usaha dodol bisa dilakukan dengan membuat dodol yang enak dan berbeda. Selain itu dapat memanfaatkan promosi jajanan dodol dari media sosial baik faceboook, path, whats upp, bbm, instagram dan lainnya. Juga dapat pula menjalankan strategi pemasaran dodol lewat cara menyebarkan brosur.




Analisa Usaha Dodol


Asumsi

  1. Masa penggunaan etalase/gerobak selama waktu 5 tahun
  2. Masa penggunaan kompor dan gas selama waktu 5 tahun
  3. Masa penggunaan mesin pengaduk dodol selama waktu 5 tahun
  4. Masa penggunaan alat pengaduk selama waktu 5 tahun
  5. Masa penggunaan wadah besar selama waktu 3,5 tahun
  6. Masa penggunaan meja selama waktu 5 tahun
  7. Masa penggunaan kursi selama waktu 5 tahun
  8. Masa penggunaan loyang selama waktu 3.5 tahun
  9. Masa penggunaan mesin hand sealer selama waktu 5 tahun
  10. Masa penggunaan pisau selama waktu 3,5 tahun
  11. Masa penggunaan piring selama waktu 3,5 tahun
  12. Masa penggunaan sendok selama waktu 3,5 tahun
  13. Masa penggunaan serbet selama waktu 3,5 tahun
  14. Masa penggunaan nampan selama waktu 3,5 tahun
  15. Masa penggunaan timba selama waktu 3,5 tahun
  16. Masa penggunaan tempat sampah selama waktu 3,5 tahun
  17. Masa penggunaan peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi untuk usaha Dodol

Modal usah dodol
keuntungan usaha dodol

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan = Rp. 8,446,800:2,783,157 =  3 bln
Dari analisa di atas dapat disimpulkan apabila usaha dodol sangat menguntungkan dimana modal Rp 8,446,800 dengan kentungan per bulan Rp 2,783,157 dan balik modal dalam 3 bulan.

Demikian tadi ulasan peluang usaha dodol dan analisa usahanya yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis dodol tersebut. Tertarik mencoba usaha dodol ? Usaha dodol menjadi pilihan usaha menggiurkan dan sangat menjanjikan. Dalam menjalankan bisnis dodol jangan lupa untuk menggunakan mesin pengaduk dodol agar usaha berjalan lancar juga maksimal. Semoga informasi mengenai peluang dari usaha dodol tersebut dapat bermanfaat dalam kemajuan usaha jajanan dodol Anda.

Artikel Terkait