Panduan membuat website.com

Kalau Anda ingin membuat sebuah website, maka Anda tentunya harus paham sedikit cara melakukan pemrograman. Bahasa yang minimal Anda ketahui adalah HTML,

Ada 3 cara untuk membuat website .com

  1. Level Pemula: Membuatnya dari blog gratis, dan mengganti dengan domain berbayar .com (jika pengetahuan pemrograman anda sangat dasar)
  2. Level Menengah: Menggunakan software CMS (Content Management System) seperti Wordpress, sehingga anda tidak perlu menguasai bahasa atau script apapun untuk membuat website yang dikendalikan penuh alias hosting sendiri
  3. Level Sulit: Anda menguasai beberapa bahasa pemrograman dan membuat sendiri theme dan databasenya darnol lalu hosting pada sebuah server dengan nama domain tertentu.
    Jadi bagi teman yang baru memulai membuat website di internet, silahkan memilih satu dari 3 metode di bawah ini. 

1. CARA BUAT WEBSITE DARI BLOG GRATIS

Untuk membuat website dari blog gratis, pertama-tama Anda harus membuat akun blog . Pelajari cara membuatnya, Harap lakukan tahapan-tahapan yang ada di artikel tersebut dengan seksama.
Setelah blog Anda jadi silahkan cari template blog yang Anda rasa cukup representatif untuk mewakili karakter atau bisnis Anda. Jika sudah mendownload template blog yang Anda sukai, silahkan pasang template tersebut di blog Anda saat ini. 
Sekarang Anda sudah membuat blog yang akan menjadi website sederhana anda. Tapi kalau punya sedikit kemampuan pemograman, maka sebaiknya lanjut dengan mengedit template menjadi SEO Friendly.
Setelah anda menyelesaikan tahap terakhir di atas, maka anda sudah selesai membuat website sederhana ini, yang perlu anda lakukan sekarang tinggal mengisi artikel-artikel ke dalam website sederhana ini. Setelah anda selesai membuat website dari blog gratis, maka saatnya mengganti domainnya menjadi .com

Mengganti Domain Jadi .COM

Karena Anda menggunakan blog gratis, maka jelas anda tidak memerlukan hosting. Anda hanya memerlukan nama domain. Untuk memudahkan saya berikan masukan yang praktis saja.... Anda bisa Googling untuk mencari penyedia jasa hosting dan nama domain, lalu hubungi Customer Servicenya dan beritahu bahwa Anda hanya ingin membeli nama domain.... Selebihnya CS yang akan mengarahkan.

2. CARA BUAT WEBSITE CMS WORDPRESS

Mungkin di sini ada di antara Anda yang mengatakan, kalau blogspot itu ada di bawah kendali Google. Salah sedikit saja blog kita bisa dihapus padahal capek membuatnya. Kalau ini yang menjadi masalah anda, maka anda harus membuat website yang anda hosting sendiri. Untuk melakukan ini anda harus mengupload ke hosting anda file-file PHP atau sejenisnya....

Mungkin ada yang langsung bertanya "Jadi saya harus belajar bahasa pemrograman dulu?" Itu adalah salah satu opsinya. Opsi lainnya adalah dengan menggunakan CMS wordpress. Dengan menggunakan ini anda tidak perlu belajar bahasa Pemrograman apapun untuk memiliki sebuah website yang berada di bawah kendali penuh dari anda.

Tapi bagi Anda yang suka tantangan lebih dan ingin memperlengkapi diri dengan kemampuan membuat theme yang bisa  dikendalikan sesuka hati dan kembangkan fungsi-fungsinya, maka mungkin mendorong diri anda untuk lebih jauh mempelajari bahasa Pemrograman bisa menjadi awal yang baik.

3. BUAT WEBSITE  BAHASA PROGRAM  SENDIRI

Untuk membuat website .com yang dihosting Anda harus benar-benar mempunyai pengetahuan pemrograman, karena kalau hanya menguasai HTML, maka hasilnya bisa jadi website yang menyedihkan dalam arti yang sesungguhnya. Kalau Anda ingin membuat website dari file yang bisa di hosting, maka setidaknya Anda harus menguasai 3 hal:
  1. Bahasa Pemrograman Tertentu seperti PHP
  2. Penggunaan Software Editor File Web
  3. Pengelolaan database seperty MySQL
  4. Belajar Bahasa Pemrograman Untuk Membuat Website
Kalau Anda mau belajar, maka sebaiknya beli satu buku panduan di toko buku tentang PHP dan MySQL. Atau kalau  mau belajar sendiri Anda bisa mencoba website yang luar biasa W3SCHOOL (harus ada dasar bahasa inggris yang cukup). Lihat menu pembelajarannya di sidebar sebelah kiri.

Belajar Program Pembuat Website Seperti Dreamweaver
Menguasai bahasa pemrograman saja tidak berarti Anda bisa membuat websitenya tanpa bantuan, jadi Anda perlu belajar cara membuat website dengan menggunakan software. Salah satu software yang cukup umum digunakan adalah Adobe Dreamweaver.

Bagaimana Kalau Malas Membuat Template Website Sendiri?
Kalau Anda malas membuat template sendiri, maka sebaiknya mendownload template PHP yang sudah jadi. Salah satu penyedia template PHP gratis adalah http://www.phpjabbers.com/free-website-templates.php. Anda bisa memilih beragam template pada situs ini.... tapi harus daftar dan login dulu kalau mau download....

Membeli Domain dan Hosting untuk Website Anda
Saat ini sudah banyak sekali jasa hosting dan jual nama domain. Anda bisa melakukan browsing di Google untuk mendapatkan penawaran Hosting yang terbaik.... Banyaklah bertanya dengan Customer Service jika memang diperlukan.....

Perhatikan juga syarat layanan dari hosting, karena terkadang mereka tidak menerima situs-situs tertentu, seperti perjudian, iklan baris, pornografi, dan lain sebagainya. Ini sangat penting sebelum anda terlanjur beli dan bermasalah di kemudian hari.....

Kalau Anda belum pernah memesan domain dan hosting, maka ada 3 hal  yang harus Anda pastikan tidak terlewatkan dari email penyedia hosting, yaitu:
  • HOST FTP
  • Username CPANEL
  • Password CPANEL


Upload File Template Website PHP ke Hosting
Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan software gratis FileZilla. Kalau belum punya bisa mengunduhnya dari website resmi FileZilla.

Filezilla ini bisa Anda gunakan untuk memindahkan file template website PHP tadi ke folder Public_HTML yang ada di hosting berdomain yang sudah Anda beli.

Kalau file sudah Anda upload ke folder Public_HTML. Berarti semua orang sudah bisa mengakses file website yang sudah Anda kirimkan tadi di alamat domain .com yang sudah Anda bayar penggunaannya untuk jangka waktu tertentu....

ALASAN MENGGUNAKAN DOMAIN .COM?
Tidak ada masalah SEO Friendly di sini.... Karena Google sama sekali tidak memberi keistimewaan pada satu jenis TLD tertentu. Alasan utama menggunakan .com adalah paling mudah diingat oleh pengguna....

Maksud saya seperti ini? Kalau Anda punya nama domain www.kucinglucu.net, maka biasanya saat ada pengunjung berusaha berkunjung balik maka mereka akan mengunjungi www.kucinglucu.com. Jadi tidak ada alasan teknis SEO yang aneh-aneh dalam masalah domain ini.


sumber. trikmudahseo.blogspot.com

Artikel Terkait