Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Anda yang mempunyai Bisnis online pasti ingin meningkatkan penjualan online pada bisnis Anda. Banyak cara yang bisa Anda  lakukan untuk meningkatkan penjualan dari Bisnis online yang Anda miliki.

Dari banyak strategi-strategi online marketing salah satu cara meningkatkan penjualan online adalah dengan menggunakan metode SEO , yaitu optimasi website Anda hingga berada di halaman pertama mesin pencari yang berarti banyak orang dengan mudah menemukan produk yang sedang mereka cari di search engine dan menemukan Bisnis online Anda.

Lalu bagaimanakah cara meningkatkan penjualan online dengan SEO ?  Tidak perlu jadi pakar SEO Untuk bisa meningkatkan penjualan online melalui SEO, Anda pun bisa jika mengikuti cara berikut ini:

Pemilihan dan Riset Produk Bisnis Online

Tentang riset produk yang akan Anda jual secara online dibagi menjadi 2 jenis produk, ada produk yang lebih cocok di pasarkan melalui SEO dan juga ada yang melalui Social Media, jadi sebelum mulai memasarkan produk Anda via online, Anda harus bisa memastikan produk apa dan bagaimana strategi marketing onlinenya.

Pada artikel ini yang akan saya bahas adalah tentang cara meningkatkan penjualan online Anda dengan Strategi SEO.

Pola pikir dasar produk yang di pasarkan melaui SEO adalah produk yang dibutuhkan, dicari atau produk yang darurat. Contoh produk yang di cari dan sulit di temukan di offline misalnya alat peraga kesehatan, atau alat elektronik dan masih banyak lagi contoh produk lainnya.

Selain itu produk dalam Bisnis online Anda yang cocok di pasarkan melalui SEO adalah produk service atau jasa , produk jasa lebih cocok di pasarkan melalui SEO dibandingkan melalui social media.

PEMILIHAN KEYWORD

SEO memang sangat berkaitan dengan keyword.

Keyword merupakan kata kunci yang calon pembeli di Bisnis online Anda cari di mesin pencari , dalam hal ini otak kanan Anda sangat di perlukan, bayangkan diri Anda adalah seorang calon pembeli yang ingin mencari produk yang Anda miliki maka kata-kata apa yang akan di ketik di kolom pencari pada Google ?

Namun jika dirasa kemampuan “menebak-nebak” keyword Anda kurang, maka Anda bisa gunakan berbagai software untuk meriset kata kunci contohnya Google Keyword Planner, Ubersuggest dan lainnya.

Dalam pemilihan target keyword dibagi menjadi menjadi beberapa bagian seperti short keyword, long tail keyword, dan buying keyword yang dapat Anda baca lebih lengkap para artikel sebelumnya yang berjudul SEO Keyword Snipper: Tingkatkan Visitor Dengan Keyword Tertarget

PEMILIHAN NAMA DOMAIN 

Pada Bisnis online sebaiknya pemilihan domain dilakukan dengan hati-hati karena domain merupakan identitas Bisnis online Anda, domain juga berpengaruh pada faktor meningkatkan penjualan online. Caranya adalah gunakan domain yang mengandung keyword utama Bisnis online Anda dan juga brand Anda. Karena domain ini penting untuk branding Anda secara online dan mudah di kenal oleh orang lain.

Dan untuk CMS sebaiknya gunakanlah CMS yang sudah populer seperti WordPress, Virtumart dan lainnya . Jangan gunakan CMS yang masih jarang orang ketahui seperti Velky CMS, Umbraco , dan lainnya.
Kenapa demikian ? karena jika Anda menggunakan CMS Bisnis online yang sudah familiar maka optimasi SEOnya pun lebih mudah karena, plugin pun telah banyak tersedia serta pilihan desain template bisnis online pun bervariasi.

PENGOPTIMALAN SEO ON PAGE 


Tahapan cara meningkatkan penjualan online dengan SEO yang pertama adalah merapikan SEO ON Page pada Bisnis online Anda.
Mulai lah dari pengoptimalan halaman yang tepat sesuai dengan keyword yang Anda optimalkan untuk mencapai halaman pertama pada mesin pencari.   Bisa dimulai dengan deskripsi lengkap, pemasangan Alt image pun dapat berpengaruh besar dalam strategi SEO,kerapihan struktur internal link antar produk dan katergori dan berbagi hal lainnya yang dapat meningkatkan penjualan online dengan SEO. Contoh yang baik adalah dari SEO ON Page Bisnis online Lazada ini di setiap bawah produk di jelaskan tentang detail produk yang memiki penjelasan yang lengkap

ARTIKEL TERKAIT  PRODUK

Jika Anda kesulitan dalam memberikan deskripsi produk yang jelas untuk SEO pada Bisnis online Anda maka berikanlah kolom blog untuk Bisnis online Anda dan isilah dengan artikel-artikel yang berkaitan tentang produk Bisnis online Anda.

Jika memang artikel Anda berkualitas maka tidak menutup kemungkinan website Anda di jadikan referensi oleh blog lain dan tentu Anda mendapatkan link dari website mereka.

PENGOPTIMALAN SEO Off PAGE

Pada SEO OFF page Bisnis online, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas pada Bisnis online Anda.
Dengan mendapatkan backlink yang berkualitas dan relevan website Bisnis online Anda tentu dapat mencapai halaman pertama google dengan mudah. Dalam SEO OFF Page Anda harus berhati-hati dalam menanamkan backlink karena bisa salah atau berlebihan rank website Anda dapat turun drastis.

Blog Review

Anda bisa mengadakan kontes review untuk Bisnis online Anda atau memberikan diskon spesial bagi para pembeli dari bisnis online Anda yang memiliki blog dan memberikan review dari toko online Anda. Selain itu banyak juga para blogger yang menyediakan jasa review untuk bisnis online Anda.



Video Review

Salah satu cara membuat bisnis online Anda SEO friendly Anda bisa menggunakan video review, dan upload di youtube, karena faktanya video-video di youtube pun dapat dengan mudah ada di halaman pertama google dan youtube pun memiliki banyak sekali pengguna yang setiap harinya mencari video-video yang menarik.


Aktif di Forum Diskusi


Salah satu cara meningkatkan penjualan dalam Bisnis Online juga bisa melalui berbagai forum diskusi, Anda bisa membuat thread yang bermanfaat dengan user name dari toko online Anda, ikutlah berkontribusi dengan memberikan manfaat dan jangan lupa gunakan signature dengan soft selling memperomosikan toko online Anda.

Selain itu bisa juga dengan memasang thread jual beli dan jangan lupa sisipi link bisnis online Anda pada thread forum jual beli tersebut.

SUBMIT DIREKTORY 


Anda pun bisa melakukan submit Bisnis online Anda ke berbagai direktori Bisnis online di Indonesia, selain mendapatkan backlink  Anda pun bisa juga meningkatkan kepercayaan Bisnis online Anda.

Oke, sepertinya sudah cukup bahasan tentang  cara meningkatkan penjualan Bisnis online Anda dengan SEO ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Dirangkum dari berbagai sumber-Artikel terkait wajib Anda baca - Promosikan Bisnis Online Anda

Artikel Terkait