Cara Praktis Memulai Bisnis Online

Cara Praktis Memulai Bisnis Online ini membahas tahap demi tahap memulai Bisnis Online  tanpa  perlu  khawatir  Anda Amatir  dalam  memulai Bisnis Online ini.
Coba Anda bayangkan pasar Indonesia masih sangat besar untuk digali, jadikan pasar tersebut lahan bisnis Online Anda.

Tips memulai bisnis online


Tidak dipungkiri, saat ini makin banyak orang yang mencari cara untuk memulai bisnis online, entah itu untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun yang memang benar-benar ingin fokus menerjuni jalur ini sebagai sumber penghasilan utama.

Dan mungkin Anda yang saat ini sedang membaca artikel ini, juga sedang mulai menggali informasi tentang bagaimana berbisnis online. Disini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana mengawali usaha melalui internet, plus langkah-langkah yang diperlukan ketika memulai bisnis online, yakni hal-hal inti yang penting untuk dilakukan supaya usaha Anda bisa langsung dijalankan.

Saya masih ingat, dulu waktu pertama kali memulai bisnis online segala sesuatunya tampak sangat sulit dan penuh keraguan. Lalu, muncul  pertanyaan-pertanyaan di dalam diri seperti:

  1. Bisa nggak ya bisnis online itu dijalankan?
  2. Cocok apa nggak ya buat saya lakukan?
  3. Langkah apa saja yang perlu saya tempuh supaya bisa jalan?
  4. Berapa modal yang saya dibutuhkan? dan segudang pertanyaan lainnya.

Meskipun tidak ada patokan pasti langkah-langkah apa yang sebenarnya harus dilakukan, menurut saya secara singkat ada tiga hal utama yang bisa kita persiapkan. Apa saja langkah-langkah tersebut?

Tahapan memulai bisnis online

I. Putuskan produk yang hendak Anda jual.

Sebelum benar-benar menjalani suatu siklus bisnis, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu. Kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.

Lakukan riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya. Sehingga kita bisa ikut semangat dalam menjalani Bisnis Online ini. Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk kita yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya kita akan mudah menyerah karena dagangan tidak kunjung laku. Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

  1. Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  2. Contoh barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  3. Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.

Tidak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai gambaran besar mengenai rencana Anda dan memahami pola pemasaran online.

Nah, berdasarkan pengalaman saya juga, langkah pertama ini adalah yang terberat. Mengapa? Karena kita harus menyusun konsep usaha kita, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan mau nggak mau juga harus belajar ilmu bisnis. Dan hambatannya, kadang kita inginkan segalanya sempurna. Dan akhirnya malah nggak jalan-jalan.Saya boleh saran, untuk tahap awal ini tidak usah terlalu detil. Anda harus rela investasikan waktu, tenaga, dan uang, untuk belajar.

Mulailah dengan menjual produk orang lain,teman atau tetangga bisa dengan cara dropship, reseller, maupun kemitraan dengan produsen.
Contohnya: agen asuransi, agen perumahan & properti, agen travel, jual baju / produk fashion dengan konsep konsinyasi, dll..Sehingga pada tahap awal ini Anda tidak dibebani dengan biaya produksi yang besar dan kerugian pun bisa minimal.

II. Membuat website

usaha bisnis online

Website diibaratkan sebagai showroom Anda bisa menjalankan bisnis internet dengan memiliki website, atau tanpa website. Sama halnya seperti bisnis tradisional, Anda bisa menjual produk Anda dengan memiliki showroom ataupun tanpa showroom.

Untuk memiliki website/showroom dalam bisnis internet, Anda harus mengetahui beberapa elemen berikut: Cara membuat website untuk Bisnis online

III. Traffic / Pengunjung Website

Setelah website Anda jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda miliki. Isi konten website Anda secara meyakinkan. Jangan asal copy paste, namun usahakan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk Anda pasang di website. Karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.

pemasaran bisnis online

Kemudian untuk materi konten web-nya, saya sarankan yang simpel saja dulu, antara lain memuat informasi:

  1. Profil usaha.
  2. Galeri gambar produk / jasa beserta keterangannya.
  3. Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.
  4. Cara pemesanan dan form order nya.
  5. Ya, kalau konten website sudah ada, apalagi selanjutnya kalau bukan mempromosikan website bisnis Anda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kunjungan / trafik ke website kita.

Keahlian membawa traffic adalah hal terpenting bagi Anda bila ingin sukses dalam Bisnis Online.

Ada 2 cara mendatangkan pengunjung ke website Anda

  1. Referal Trafic, dalah trafic yang datang ke website Anda melalui referensi website lain, seperti blog, search engine, forum, milis, pay per click, dan lain-lain.
  2. Direct Traffic. Adalah traffic yang langsung datang ke website Anda
    Nah, itulah gambaran besar tiga cara praktis memulai Bisnis Online.


Oh iya, ada baiknya juga Anda membaca artikel tentang tips bisnis yang pernah saya tulis di blog ini.

Cara mudah buat website untuk Bisnis Online
Cara mudah hasilkan dolar dari program Affiliate
Bisnis menggiurkan jualan Tiket Online
Peluang bisnis Baju muslim

Artikel Terkait