Peluang Bisnis Jasa Kurir

Bisnis Jasa Kurir. Kemudahan konsumen dalam memilih produk, membandingkan harga, membaca ulasan produk melalui e-commerce, membuat konsumen beralih dari pasar fisik ke pasar online. Kini mereka tidak perlu lagi melangkahkan kaki untuk mencari produk yang mereka inginkan ke berbagai toko, cukup buka telepon genggam, pilih, bayar transfer dan tinggal menunggu kurir mengirimkan barang ke rumahnya.

kebutuhan jasa kurir

Inilah yang membuat bisnis pengiriman barang atau kurir menjadi sangat menjanjikan untuk dijalankan! Pada dasarnya, kurir merupakan sebuah aktivitas pengiriman barang yang dilakukan secara langsung.  Awal mula terbentuknya kata kurir adalah dari bahasa Yunani curere yang berarti lari, karena pada zaman dahulu seseorang akan berlari untuk menyampaikan pesan atau barang.

Para pebisnis juga melihat peluang bisnis ini karena tingginya permintaan, sehingga banyak orang mulai terjun menjalankan bisnis kurir, baik itu membangun sendiri dari nol, ada juga yang bergabung kedalam waralaba bisnis kurir yang kini bermunculan dan menjanjikan di Indonesia.

Terlebih harga waralabanya umumnya masih relatif murah, sehingga Anda bisa dengan mudah menjalaninya. Di Jabodetabek sendiri, Anda dapat memperhatikan kepadatan lalu lintas yang ditandai dengan kemacetan dan banyaknya jumlah kendaraan. Peningkatan kepadatan lalu lintas ini menjadi alasan utama kebutuhan jasa kurir untuk mempermudah serta mempercepat perpindahan suatu barang dari satu tempat ke tempat lainnya.( 5 keuntungan jasa kurir )

Tips Bagi yang ingin memulai bisnis jasa kurir:

Transportasi dan Media Komunikasi

Sarana transportasi yang paling cocok untuk jasa kurir adalah sepeda motor, terutama di wilayah Jabodetabek. Selain karena ukurannya yang kecil sehingga mudah melewati macet, bahan bakar yang diperlukan sepeda motor juga cukup murah dan biaya perawatan sepeda motor cukup terjangkau. Dengan begitu, Anda akan menghemat waktu pengiriman barang serta menghemat biaya modal.
Walaupun juga kini semakin banyak jasa kurir menggunakan sepeda,lebih cepat, praktis dan tentunya ramah lingkungan.
Media komunikasi yang paling tepat adalah telepon seluler, hal ini dikarenakan mudah dibawa dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Selain itu, Anda pun dapat dengan cepat menghubungi serta menerima balasan. Alat komunikasi harus diperhatikan untuk memudahkan operasional usaha.

Karyawan/Pegawai (SDM)

Saat memilih karyawan untuk dijadikan sebagai kurir, sebaiknya pilihlah orang yang mengenal seluk beluk kota hingga jalan alternatif agar bisa menghindari macet. Selain itu, karakter dan kepribadian seperti jujur, rajin, dapat dipercaya dan tekun juga harus diperhatikan. Dan yang paling penting, kurir juga harus berani bertanggung jawab atas barang yang diantarnya. Ini menjadi harga mati dalam bisnis pengiriman barang.
Selain mencari karyawan pengantar, Anda juga membutuhkan karyawan untuk urusan administrasi seperti untuk menerima order dan berkomunikasi dengan pelanggan. Carilah karyawan yang teliti, sabar serta sopan dan juga memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

Media Promosi

Promosi terbaik saat ini, Anda dapat memanfaatkan internet. Tentunya karena biayanya murah, juga cepat dalam menyebarkan informasi ke banyak orang sekaligus. Contoh penggunaan internet untuk marketing adalah dengan akun sosial media. Bisa juga menggunakan marketing cara lama seperti brosur dan pamflet. Caranya, tentukan dahulu target konsumen yang sesuai dengan cara promosi Anda. Jika mempunyai target konsumen ibu rumah tangga, maka dapat menyebarkan jasa Anda di pasar atau pusat perbelanjaan. Jika targetnya adalah karyawan, maka dapat melakukan promosi ke berbagai perusahaan.

Bisnis jasa kurir Anda juga bisa dengan mudah dikenal konsumen ketika kita bisa bekerjasama dengan e-commerce. Jika nama jasa Anda menjadi salah satu pilihan ketika mereka belanja di e-commerce, tentunya brand Anda akan semakin mudah dikenal. Jika Anda punya modal lebih, bisa juga gunakan media tv, koran, majalah bahkan baliho atau reklame.


Pilihan Jasa dan Produk yang ditawarkan

Agar bisnis kurir Anda bertahan dan lebih unggul dari kompetitor, Anda dapat menawarkan berbagai pilihan paket yang berbeda seperti pengiriman paket atau dokumen, paket antar jemput paket ke ekspedisi, paket membeli barang pesanan dan pengantaran barang tersebut ke pelanggan, serta layanan jasa COD (Cash on Delivery).
Bahkan saat ini kita bisa jasa kurir untuk mengantre tiket untuk jasa transportasi serta hiburan seperti tiket bus, tiket kereta api, tiket bioskop hingga tiket konser.Bahkan menawarkan jasa pembelian makanan dan minuman untuk menambah keragaman jasa yang ditawarkan. Hal ini terjadi karena orang-orang semakin malas untuk keluar rumah karena kemacetan dan polusi di luar rumah, tentunya ini membuat jasa kurir sangat memiliki peluang emas di era Millenials ini.

Penanganan Risiko dan Jaminan Asuransi

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi, misalnya cuaca buruk, kecelakaan lalu lintas, kerusakan kendaraan, hingga kemacetan. Masalah ini bisa menghambat operasional usaha Anda. Maka selalu siapkan Plan B sebagai cara menghadapi berbagai hambatan yang terkadang terjadi diluar dugaan.
Masalah lain juga dapat terjadi dari masalah komunikasi misalnya salah alamat karena kesalahan pihak administrasi atau keterlambatan pengiriman barang. Berilah jaminan atau asuransi atas barang yang diantar, misalnya ganti rugi apabila barang hilang ataupun rusak.

Berikan kualitas pelayanan terbaik

Kepuasan pelanggan menentukan bertahan atau tidaknya bisnis jasa kurir. Saat pelanggan puas, pelanggan akan membantu Anda untuk mempromosikannya kepada orang lain atau kembali menggunakan jasa yang ditawarkan. Maka, pastikan selama proses operasional, dahulukan kualitas pelayanan dan buatlah konsumen puas dengan pelayanan Anda!

Edvan Muhammad Kautsar (Majalah Elsinta)

Artikel Terkait