3 Bisnis UKM Paling Menjanjikan untung Besar



Bisnis UKM untung besar - Sektor Retail UKM adalah salah satu sektor yang sudah terbukti cukup tahan terhadap beberapa gelombang krisis ekonomi yang terjadi. Ketika berbagai perusahaan raksasa kolaps secara spektakuler, berbagai retail Bisnis UKM terus hidup. Beberapa bahkan menemukan / membuat peluang-peluang baru, dan menjadi lebih besar paska krisis.

Sektor ini juga sangat padat karya dan menghidupi sangat banyak orang. Bantuan serta dukungan untuk sektor ini akan membantu masyarakat secara luas.
cara mulai usaha kecil tanpa modal

Berikut beberapa fakta seputar pentingnya Bisnis UKM di Indonesia :

  1. UMKM menyumbang 53,32% PDB (sumber)
  2. Lebih fantastis lagi adalah ketika kita melihat angka penyerapan tenaga kerja – di berbagai daerah, secara konsisten UMKM menyerap lebih dari 95% tenaga kerja.
Di Sukabumi, UMKM bahkan menyerap 99% dari semua tenaga kerja.
Informasi lebih menarik datang dari BPS, yaitu :
  1. UKM adalah 99,9% dari pelaku usaha usaha Nasional
  2. Padat Karya : Mempekerjakan 96,95% dari total tenaga kerja
  3. Padat Karya : Mempekerjakan 90 juta orang (Usaha Besar: hanya 2 juta)
  4. Menyumbang Pendapatan Nasional sebesar 2000+ Trilyun
Bantuan kepada Bisnis UKM ini akan berdampak sangat luas. Karena itu Rimbalinux.com berkomitmen untuk berusaha mendukung mereka.
Masalah & Solusi usaha kecil menengah

Salah satu masalah terbesar pada Bisnis UKM adalah proses penjualan & kontrol stok (inventory control). Kontrol stok amat penting untuk mencegah kehilangan. Dan pada jangka panjang, kontrol stok yang baik bisa sangat membantu untuk optimalisasi stok.
Stok yang terkontrol dan optimal akan sangat membantu kelancaran cashflow, dan meningkatkan keuntungan.
Masalahnya, pekerjaan ini (kontrol stok) cukup memakan waktu, sehingga para pebisnis UKM sering menjadi segan untuk melakukannya. Dan implementasinya secara manual juga rentan kesalahan, dan juga sulit untuk menelusuri sumber kesalahannya.

Salah satu contoh Bisnis UKM yang tidak pernah sepi pengunjung dan paling disukai oleh pebisnis muda adalah

1. Bisnis UKM di Bidang Kuliner




Bisnis kuliner adalah salah satu Bisnis UKM pilihan pebisnis muda Indonesia,  jenis usaha yang akan selalu laris sepanjang masa, alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Bisnis kuliner ini pun punya banyak kategori, mulai dari makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Semua kategori di bisnis kuliner ini (camilan, minuman, makanan pokok) punya potensi yang sangat bagus, tergantung cara kita dalam memasarkannya.

Salah satu contoh bisnis kuliner camilan yang cukup sukses adalah bisnis Tahu Jeletot Taisi yang dimiliki oleh Bapak Rudi dari Depok. Usaha tahu jeletot pedas yang dipasarkan melalui internet dengan sistem waralaba ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Saat ini pengusaha tahu jeletot tersebut sudah memiliki banyak mitra di sekitar Jabodetabek.

Sedangkan bisnis kuliner yang cukup sukses untuk kategori makanan utama adalah bisnis Angkringan Nasi Kucing 78 milik Bapak Bayu dari Jogjakarta. Bisnis ini menawarkan sistem waralaba dan dipasarkan melalui media online, dan saat ini pihak pengelola Angkringan Nasi Kucing 78 sudah memiliki banyak mitra di berbagai daerah.

Selain dua bisnis kuliner yang saya sebutkan di atas, masih ada banyak sekali peluang Bisnis UKM bidang usaha kuliner yang bisa Anda geluti. Silahkan baca artikel tentang bisnis kuliner lainnya.

2. Bisnis UKM di Bidang Fashion


Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang sangat potensial dan akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.

Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan, misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim yang cukup sukses adalah Jilbab Rabbani yang membidik target market khusus wanita muslimah. Jilbab Rabbani juga memberikan kesempatan kepada pengecer untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi reseller.

Yang menarik dari bisnis yang juga pilihan Pebisnis muda Indonesia  ini adalah, Anda bisa  memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.

3. Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis

usaha agrobisnis

Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman, Negara kita memang terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kebutuhan lainnya, mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tanaman penting lainnya. Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus dibutuhkan masyarakat Indonesia, bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri. contoh Agrobisnis peluang usaha agrobisnis dilahan sempit


Bisnis UKM  pilihan Pebisnis Muda Indonesia di bidang Agrobisnis lainnya adalah peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan. Sayangnya, walaupun usaha agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di Indonesia, belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini karena dianggap kolot dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.

Abaikan saja bila ada yang mengatakan Bisnis UKM hanya untuk orang pinggiran atau hanya untuk orang tua.Tahun 2015 ini adalah tahunnya Bisnis UKM yang menjadi Pilihan Pebisnis Muda Indonesia, Oke selamat berkreasi

Dari berbagai Sumber.

Artikel Terkait