Cara membuat website untuk bisnis online

cara mudah buat toko online

Website diibaratkan sebagai showroom Anda bisa menjalankan bisnis internet dengan memiliki website, atau tanpa website. Sama halnya seperti bisnis tradisional, Anda bisa menjual produk Anda dengan memiliki showroom ataupun tanpa showroom.
Untuk memiliki website/showroom dalam bisnis internet, Anda harus mengetahui beberapa elemen berikut:

1. Nama Domain (alamat website)

Fungsinya sama seperti alamat showroom, dalam dunia internet,jika Anda ingin mengajak orang berkunjung ke website Anda,mereka harus mengetahui alamat website atau nama Domain.
Beberapa tempat penyedia Domain:
www.idWebhost.com
www.indosite.com
www.godaddy.com
www.namecheapdomain.com

2. Web Hosting

Web Hosting ini bisa dianalogikan sebagai besarnya showroom Anda. Ukuran besarnya web Hosting adalah dalam mega Byte, misalnya 1 MB, atau 10 MB atau 1000 MB tergantung kebutuhan Anda.
Biasanya Anda bisa menyewa web hosting ini perbulan atau per tahun.
Beberapa tempat penyedia web hosting:
www.myTopHosting.com
www.idWenhost.com
www.pamungkas.com

3. Template

Setelah Anda memiliki Alamat dan menyewa besarnya ruangan untuk showroom, maka sekarang saatnya Anda harus memilih tanpilan dari showroom atau website Anda.
Anda bisa melakukannya dengan mudah, karena sudah tersedia berbagai jenis template siap pakai dan banyak pula yang gratis.
Anda tidak perlu punya kemampuan programing untuk bisa menggunakan template, karena cara memodifikasinya cukup mudah. Anda cukup memerlukan software html editor seperti dreamweaver atau Frontpage, atau yang gratis di www.NVU.com. semuanya sangat mudah, Anda hanya perlu latihan dan membiasakan diri sama seperti pertama kali menulis surat di Microsoft Word.

Setelah memiliki showroom, tentu Anda bisa menjual produk orang lain, produk sendiri atau produk yang Anda dapatkan lisensinya dari orang lain.

4. Software FTP (File transfer Protocol) 

Apa itu Software FTP, Untuk memudahkan Anda, saya jelaskan dengan analogi showroom tadi. Bayangkan, Anda sudah memiliki alamat, sudah menyewa ruangan dan sudah membuat tampilan showroom, sekarang saatnya Anda membawa semuanya itu ke showroom Anda dengan menggunakan truk/mobil.
Truk/mobil dalam dunia internet ini adalah software FTP. Software yang Anda gunakan untuk mengirimkan semua file dari komputer Anda ke Server Web Hosting.

5. Optin Page

Seperti halnya bisnis Tradisional, dalam bisnis internet, Riset juga membuktikan bahwa pengunjung website jarang sekali mengambil keputusan berbelanja ketika pertama kali mereka melihat website tersebut, oleh karena itu Anda harus menyediakan buku tamu di website Anda. Buku tamu itu dinamakan Optin Page. Umumnya Anda hanya perlu meminta Nama dan Alamat Email mereka.
Dengan buku tamu inilah Salesman Anda dapat memfollow up pengunjung website dan merubah mereka menjadi pembeli produk yang Anda jual.
Salesman dalam bisnis internet adalah email dan surat penawaran (sales copy). 

6. Sales Copy (Surat Penawaran)

Sales Copy adalah salah satu elemen terpenting yang bisa menentukan, apakah Anda berhasil dalam bisnis online atau tidak, karena sales copy itu seperti salesman 24 jam di website/showroom Anda.
Semakin hebat Sales Copy Anda menjual produk, maka semakin besarlah keuntungan Anda.
( Nanti akan kita bahas lebih detail cara membuat Sales Copy yang baik)

7. Accesories lain (Graphics, Audio, Video)

Graphics, Audio, Video merupakan elemen yang memberikan kontribusi terhadap tingkat konversi dari website, jika digunakan dengan tepat dan benar, walau bukan elemen yang kritikal namun jika Anda menyukai dan menguasainya akan sangat membantu bisnis internet Anda.

8. Software / Script

Anda tak perlu ahli untuk menguasai Software / Script untuk berhasil dalam bisnis internet. jadi tanpa mengerti programing Anda tetap bisa sukses dalam bisnis internet.
Namun Anda sebagai internet entepreneur, harus tahu cara memilih software untuk kepentingan bisnis online Anda. Karena software/script ini diibaratkan seperti, mesin jika Anda memilih mesin yang tepat dan bagus, maka bisnis online Anda akan semakin efisien dan hemat waktu yang tentunya akan menghasilkan keuntungan yang besar.

Artikel terkait Peluang Bisnis Waralaba

Artikel Terkait