Skip to main content

Model Sepeda Bambu dan Cara Membuatnya

Cara membuat sepeda bambu - Berbeda dengan sepeda konvensional pada umumnya, sepeda bambu menggunakan material bambu untuk kerangka utama dan dibuat dengan metoda kerajinan tangan. Bambu merupakan material terbarukan dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat, umur 4 tahun bambu sudah siap digunakan. 

Sebagai rangka sepeda bambu memiliki karakteristik yang unik, selain ringan dan kuat, bambu merupakan penyerap getaran yang lebih baik dibandingkan material metal ataupun carbon fiber.
Model Sepeda Bambu dan Cara Membuatnya
sepeda bambu antik

Sepeda bambu memiliki karakter yang berbeda dengan sepeda konvensional. Material bambu memiliki sifat lentur, karakter ini merupakan karakter khas dari material bambu (yang biasanya digunakan untuk pembutan kursi bambu). 
Diperlukan penyesuaian beberapa saat ketika mengendarai sepeda bambu, karena pada umumnya mindset pengendara sepeda adalah sepeda konvensional yang sangat rigid. Dari proses pengembangan dan ujicoba, kekuatan material bambu tidak perlu disangsikan.

Tidak pernah ditemukan material bambu yang patah, permasalahan yang muncul ada pada sambungan. Berbeda dengan sepeda metal yang menggunakan teknik las. Sambungan pada sepeda bambu menggunakan perekat epoxy-resin yang diperkuat dengan serat. Konstruksi sambungan merupakan bagian yang terus disempurnakan pada sepeda bambu.

Sepeda Bambu merupakan alat transportasi ramah lingkungan, sementara bambu sendiri merupakan material terbarukan yang menjadi ikon material ramah lingkungan pula. Bambu merupakan material yang indentik dengan desa. Sepeda Bambu sendiri merupakan salah satu upaya penggunaan bambu untuk membuat produk baru, yang diharapkan akan mengangkat citra bambu sekaligus mampu memberikan nilai tambah yang lebih besar pada material bambu. 
"Bambike" sebenarnya tidak berbeda dari sepeda lain, namun jika Anda lihat frame dan stang sepenuhnya dibuat dari bambu. Jika Anda tertarik bisa membuatnya sendiri, 

Cara Membuat Sepeda Bambu

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bambu yang benar-benar baik. bambu terbaik biasanya bambu yang sudah berumur 3-5 tahun,
Langkah berikutnya, memotong bambu sesuai ukuran sepeda yang diinginkan. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memotong bambu agar tidak retak dan menjadi potongan yang indah.
Rangka sepeda bambu pada titik titik tertentu dibuat dari besi dan aluminium
Sepeda bambu yang bagus dapat dihargai $ 3.500 (Rp 30. juta) 

Jenis sepeda Bambu

Sepeda Unik dari BAMBU

cara bikin sepeda mini antik dari bambu

Banyak sekali cerita-cerita orang sukses dengan segala kreatifitas mereka untuk menciptakan sesuatu hal yang unik dan yang pasti menarik tanpa batas.
Dengan keunikan dan kreatifitas, barang-barang yang mereka ciptakan selalu menjadi barang yang populer, bahkan kepopuleran barang hasil dari karya tangan mereka tidak hanya populer di Negaranya sendiri, bahkan juga sampai ke luar negeri.

Sepeda Balap dari Bambu

model sepeda balap dari bambu

Seperti halnya apa yang sudah diciptakan oleh Singgih Susilo ini, ia berhasil membuat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa, yaitu sepeda bambu. Ia tidak membuatnya dari awal, ia hanya mengganti beberapa bagian yang sekirang bisa digantikan dengan bahan bambu tersebut kemudia memolesnya hingga terlihat bagus dan tentunya mempunyai kualitas yang bagus.

Soal harga sepeda bambu, mungkin akan banyak dari kita yang akan terkejut. Berapa ia mengeluarkan modal 

Sepeda Santai Bambu

sepeda santai dari bahan bambu

awal dan berapa ia menjualnya. Sungguh sangat fantastis, dari hanya keluar uang Rp 50.000 untuk membeli satu bambu petung, ia mulai merangkai dan sedikit memberikan polesan dan sepeda tersebut bisa mencapai harga Rp 60.000.000 atau sekitar $US 6.000. 

Benar-benar nilai jual yang sangat tinggi jika melihat berapa yang ia keluarkan hanya untuk membeli bambu. Diketahui, dari satu potong bambu petung, ia bisa merangkai 5 - 6 rangka sepeda. Sepeda bambu buatannya kini banyak dilirik negara-negara lain bahkan sudah banyak sekali ia mengeskpor sepeda bambu keluar negeri karena banyaknya permintaan sepeda bambu

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->