Skip to main content

Peluang Usaha jasa laundry kiloan modal kecil

Buka Usaha Laundry. Jasa laundry kiloan semakin berkembang di berbagai lokasi dikota-kota besar, daerah terutama yang berdekatan dengan kampus, kos-kosan mahasiswa/mahasiswi dan perkatoran. Mengunakan jasa laundry kiloan sudah menjadi gaya hidup masyarakat saat ini dengan berbagai alasan, ingin serba praktis, karena kesibukan baik sebagai mahasiswa maupun pekerja kantoran.

Bahkan ada juga ibu rumah tangga yang mengunakan jasa laundry kiloan ini. Di laundry kiloan banyak menyediakan jasa, dimulai dari cuci, sterika dan tentunya dengan harga yang berbeda. Prospek Usaha laundry Kiloan ini akan meningkat dari tahun ketahun.

cara buka laundry kiloan

 Prosentasi  Pasar Membuka usaha Laundry

  • Mahasiswa (48%) - Mahasiswa yang berasal dari daerah biasanya sering menyewa rumah kontrakan. Kesibukan sebagai pelajar membuat mereka enggan untuk sekedar mencuci pakaian. Apalagi mereka mendapat kiriman uang dari orang tua. Kebiasaan hidup enak di kampung halaman membuat mereka memilih jasa laundry kiloan saat berada di kontrakan.
  • Pekerja (32%) - Pekerja kantoran adalah target konsumen yang cukup realistis. Mereka adalah orang yang super sibuk yang bekerja dari jam tujuh pagi sampai dengan jam 5 sore. Terkadang malah ada yang lembur sampai malam. Sementara hari minggu adalah waktu yang digunakan untuk bersantai menghilangkan kepenatan sehingga tidak sempat mencuci.
  • Rumah Tangga (16%) - Banyak pasangan suami istri yang dua-duanya bekerja. Bisa dibayangkan, sudah sibuk dengan kerjaan masing-masing, belum lagi masak, beres-beres rumah, mengurus anak membuat cucian menumpuk. Hal ini akhirnya membuat mereka lebih baik membawa tumpukan pakaian ke jasa laundry terdekat.
  • dan lain-lain (4%)
Dari data diatas bahwa yang mengunakan jasa laundry kiloan kebanyakan adalah mahasiswa dan selanjutnya pekerja, artinya apa? Rata-rata penguna jasa laundry ini adalah mereka yang mempunyai kesibukan sehari-hari. Keuntungan Usaha Laundry Kiloan  minimal  15% ~ 25%.

Ini merupakan peluang usaha rumahan yang bagus untuk dijalani dan memiliki prospek usaha yang cerah. Dari keterangan diatas berarti anda harus mencari tempat yang sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kebanyakan mahasiswa dan pekerja. Untuk sukses dalam menjalankan usaha Laundry ini tentunya anda harus melakukan manajemen yang bagus dan hal yang paling terpenting adalah anda hasrus bisa memberikan pelayanan yang baik.

Modal yang digunakan untuk membuka usaha loundry kiloan tidak terlalu besar, tidak membutuhkan tempat yang luas, banyak juga loh pengusaha laundry yang sukses dibidang ini. Dengan semua kelebihan Usaha Laundry Kiloan,  tidaklah heran bila banyak pelaku usaha baru yang berminat untuk memulai Membuka Usaha Laundry Kiloan ini.

Perkiran Modal Membuka Usaha Laudry Kiloan
Modal membuka usaha laundry bisa dimulai dengan modal 4 s/d 5 jutaan atau anda juga bisa menghemat jika anda bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada. Berikut ini hitung-hitungan Asumsi Biaya membuka Usaha Laundry.


Rincian modal dan Peralatan membuka usaha laundry:

Kebutuhan Jumlah

  1. Spanduk 2M Rp. 60.000
  2. Tag Gun + Tag Pin 1 box + Kain Keras 1 m Rp. 35.000
  3. Sikat Baju + Gilesan + Sprayer + Selang 10 m Rp. 100.000
  4. Ember besar 3 buah Rp. 75.000
  5. Hanger Plastik 2 gross + Jepitan Baju Rp. 200.000
  6. Tali Rafia 3 gulung + Paku 2 kg Rp. 30.000
  7. Rak besi siku komplit Rp. 300.000
  8. Gaji 1 orang Pegawai Rp. 500.000/bulan
  9. Uang Kas Rp. 500.000
  10. Timbangan 15 kg Rp. 75.000
  11. Plastik + Hanger besi 10 buah Rp. 100.000
  12. Setrika 1 buah + Alas gosok + Terminal + Kabel Rp. 100.000
  13. Mesin Cuci Sanken 1 tabung otomatik 8 kg Rp. 2.500.000
  14. Mesin Pengering cash Rp. 2.550.000
  15. Detergen + Pewangi + Kispray + Refill Kispray + Bayclin Rp. 200.000
* Untuk rincian modal silahkan disesuaikan dengan tempat masing-masing.

Kebutuhan Administrasi untuk membuka usaha laundry:

  1. Pena, Nota, Laporan Kas, Kertas Karbon, Buku
  2. Dispenser Selotip + Selotip + Isi Staples, Dll = Rp. 100.000
  3. Total Keseluruhan :                                              Rp. 7.425.000

Tips Membuka Usaha Laundry 

  1. Gunakan tempat yang sudah ada, jika tempat kurang strategis cari lah tempat yang strategis sebagai simbol usaha anda.
  2. Manfaatkan pasilitas yang sudah ada dirumah anda.
  3. Beri pelayanan yang baik, seperti hasil cucian bisa diantar ke alamat, pelayanan yang bagus, terutama ramah-tamah.
  4. Manajemen yang tersusun baik
Nah, itulah perkiraan modal Usaha Laundry. Mudah-mudahan artikel Peluang Usaha  jasa laundry kiloan modal kecil ini bisa membantu, jika Anda ingin mengkritik atau saran silahkan komentar dibawah ini. Selamat mencoba. salam sukses.

Sumber.idebisnis.pranap.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->